Detail Berita


  • 06 November 2017
  • 1.782
  • Berita

Pembelajaran tentang Pelayanan Kesehatan pada Destinasi Wisata

Pada hari Kamis, 2 November 2017, rombongan dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau berkunjung ke Dinas Kesehatan DIY untuk melakukan kunjungan pembelajaran mengenai pelayanan kesehatan pada destinasi wisata.

Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir,Apt,MM Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau selaku pimpinan rombongan menjelaskan bahwa Provinsi Riau sebagai daerah tujuan wisata nasional dengan motto “Riau Homeland of Melayu”, perlu dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Riau, sinergisitas antara OPD di Provinsi Riau dengan pariwisata, termasuk Dinas Kesehatan yang memberikan supporting kesehatan pada wisatawan. DIY sebagai kota tujuan wisata di Indonesia yang sudah lebih dahulu tentunya sudah banyak implementasi kebijakan dalam mendukung pelayanan kesehatan pada destinasi wisata, untuk itu Provinsi Riau ingin mengetahui bagaimana pelayanan kesehatan dan sarana prasarananya di destinasi wisata, yang akan ditindaklanjuti di Provinsi Riau. 

Rombongan berjumlah 11 orang diterima di Aula A Dinas Kesehatan DIY oleh Kepala Bidang SDK Dra. Hardiah Djuliani, Apt, M.Kes (mewakili Kepala Dinas Kesehatan DIY) dan  tim Dinas Kesehatan DIY, Bapel Jamkesos DIY serta dari Dinas Pariwisata DIY.

Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan DIY Drg. M. Taufik AK, M.Kes pada kesempatan tersebut menyampaikan berbagai hal terkait pelayanan kesehatan untuk wisatawan di DIY. Dalam pelayanan kesehatan pada wisatawan DIY mengacu pada Permenkes No. 76 tahun 2015 tentang Pelayanan Wisata Medis. Fokus Health Tourism Regional DIY adalah : Yogyakarta sehat lestari, Penanganan Kegawatdaruratan Terpadu dan Pelayanan Kesehatan Wisata Puskesmas dan Rumah Sakit. Pelayanan kegawatdaruratan medis sudah ada pelayanan PSC 119 untuk menangani kegawatdaruratan medis di wilayah DIY.

 Diskusi yang berlangsung santai dan penuh keakraban tersebut selain membahas mengenai pelayanan kesehatan pada wisatawan, juga membahas hal terkait pembiayaan dan jaminan kesehatan yang dilaksanakan di DIY. Selanjutnya dilakukan kunjungan ke Puskesmas Kretek Bantul untuk melihat pelaksanaan pelayanan kesehatan di FKTP dalam mendukung pelayanan kesehatan wisatawan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 10.200
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.150.575