Detail Berita


  • 25 April 2022
  • 146
  • Berita

Webinar Pembinaan Mutu Akreditasi Klinik Pratama

Klinik pratama merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar baik umum maupun khusus. Klinik pratama merupakan organisasi layanan kesehatan yang memiliki indikator dan diatur penyebaran serta pengelolaannya oleh pemerintahan, sehingga terjamin kelangsungan dan kualitas usahanya. Sumber daya yang dibutuhkan oleh klinik lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang dibutuhkan organisasi kesehatan lainnya seperti rumah sakit dan juga aturan tentang usaha ini lebih sederhana.

Namun dari waktu ke waktu seiring dengan kebutuhan masyarakat Indonesia kepada klinik kesehatan terutama klinik pratama yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan akan pelayanannya dan diiringi dengan kebutuhan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan rekanan penyedia klinik pratama yang berkualitas, maka pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Permenkes no 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Kesehatan Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Permenkes Nomor 9 tahun 2014 menyebutkan bahwa kewajiban klinik antara lain adalah memberikan pelayanan yang efektif, aman, bermutu, dan nondiskriminasi dengan mengutamakan kepentingan terbaik pasien sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan dan standar prosedur operasional; serta melaksanakan kendali mutu dan kendali biaya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Klinik, dilakukan akreditasi secara berkala paling sedikit 3 (tiga) tahunkali.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)  2020- 2024 Kementerian Kesehatan yang menargetkan bahwa pada akhir tahun 2024,100% Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer sudah sesuai standar, maka pada hari Sabtu tanggal 16 April 2022 dari jam 08.00 sampai jam 14.00 WIB, Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DIY melalui seksi Mutu dan Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer, Rujukan dan Fasilitas Kesehatan lain melaksanakan Kegiatan Webinar Pembinaan Mutu Akreditasi Klinik Pratama. Pembinaan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kinerja Klinik Pratama yang telah terakreditasi serta memacu Klinik Pratama lain agar berupaya untuk dapat juga melakukan akreditasi sehingga mutu dan kinerjanya menjadi lebih maksimal.

Pertemuan webinar ini dihadiri oleh perwakilan Dinas kesehatan kabupaten / kota se Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 5 orang, perwakilan dari klinik pratama se Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 200 orang dan dari Dinas Kesehatan D.I.Yogyakarta sebanyak 5 orang.

Kegiatan Webinar Pembinaan Mutu Akreditasi Klinik Pratama merupakan upaya untuk meningkatkan mutu dan kinerja Klinik Pratama yang telah terakreditasi serta memacu Klinik Pratama lain agar berupaya untuk dapat juga melakukan akreditasi sehingga mutu dan kinerjanya menjadi lebih maksimal.Kesimpulan dari kegiatan ini adalah :

  1. Kita akan terus memantau update terbaru mengenai standar akreditasi klinik yang saat ini masih dalam bentuk draft di Kemenkes
  2. Pertemuan ini masih akan dilaksanakan 2 kali lagi dengan rincian 1 kali akan diadakan oleh BMPK DIY dan ! kali yang lain akan diadakan oleh ASKLIN DIY dengan di fasilitasi oleh Dinkes DIY khususnya Seksi Mutu dan Akreditasi Fasyankes Rujukan dan Fasyankes Lain.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.252
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.608.768