Detail Artikel


  • 30 Juli 2023
  • 1.134
  • Artikel

Virus Zika

 

Ringkasan

Virus Zika adalah virus yang ditularkan oleh nyamuk yang pertama kali diidentifikasi di Uganda pada tahun 1947 pada monyet kera Rhesus diikuti oleh bukti infeksi dan penyakit pada manusia di negara-negara Afrika lainnya pada tahun 1950-an. Dari tahun 1960-an hingga 1980-an, infeksi pada manusia yang terjadi secara sporadis terdeteksi di seluruh Afrika dan Asia. Sejak 2007 wabah penyakit virus Zika telah tercatat di Afrika, Amerika, Asia, dan Pasifik.

Catatan wabah selama dekade terakhir, infeksi virus Zika ditemukan terkait dengan peningkatan kejadian sindrom Guillain-Barré. Ketika virus Zika muncul di Amerika, dengan munculnya epidemi besar di Brasil pada tahun 2015. Pada saat itu, hubungan antara infeksi virus Zika dan mikrosefali (Ukuran kepala lebih kecil dari ukuran kepala normal) baru pertama kali dapat dijelaskan. Terdapat penemuan serupa yang terjadi di Polinesia Prancis setelah kajian retrospektif. Dari Februari hingga November 2016, WHO telah mendeklarasikan Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) segera setelah konfirmasi hubungan sebab akibat virus Zika dengan mikrosefali, gangguan neurologis lain serta hubungan sebab akibat antara virus Zika dan malformasi kongenital. Wabah penyakit virus Zika teridentifikasi di sebagian besar Amerika dan di wilayah lain melalui perantara nyamuk Aedes aegypti. Infeksi terdeteksi pada pelancong dari daerah penularan aktif dan penularan seksual sebagai rute alternatif infeksi virus Zika.

Kasus penyakit virus Zika secara global menurun sejak 2017 dan seterusnya. Kasus penyakit virus Zika yang ditularkan oleh nyamuk lokal pertama dilaporkan di Eropa pada tahun 2019 dan selanjutnya dilaporkan aktivitas wabah virus Zika terdeteksi di India tahun 2021. Hingga saat ini, total 89 negara di dunia telah melaporkan bukti infeksi virus Zika yang ditularkan oleh nyamuk.

Virus Zika terutama ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi dari genus Aedes (Stegomyia), terutama Aedes aegypti, di daerah tropis dan subtropis. Nyamuk Aedes biasanya menggigit pada siang hari. Nyamuk ini juga menularkan demam berdarah, chikungunya, dan demam kuning perkotaan. Virus Zika juga ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan, juga melalui kontak seksual, transfusi darah dan produk darah, dan kemungkinan melalui transplantasi organ.

 

Gejala dan Komplikasi

Kebanyakan orang yang terinfeksi virus Zika tidak menunjukkan gejala. Di antara mereka terdapat pula yang ebrgejala yang biasanya dimulai pada 3–14 hari setelah infeksi, umumnya dengan gejala ringan termasuk ruam, demam, konjungtivitis, nyeri otot dan persendian, malaise dan sakit kepala, yang berlangsung selama 2–7 hari. Gejala-gejala ini umum terjadi pada penyakit arboviral dan non-arboviral lainnya. Dengan kondisi tersebut maka dengan demikian diagnosis infeksi virus Zika memerlukan konfirmasi laboratorium.

Infeksi virus Zika selama kehamilan merupakan penyebab mikrosefali dan kelainan bawaan lainnya pada bayi, termasuk kontraktur tungkai, tonus otot tinggi, kelainan mata, dan gangguan pendengaran. Gambaran klinis ini secara kolektif disebut sebagai sindrom Zika kongenital.

Risiko malformasi kongenital setelah infeksi pada kehamilan masih belum diketahui. Diperkirakan 5–15% bayi yang lahir dari wanita yang terinfeksi virus Zika selama kehamilan memiliki bukti komplikasi terkait Zika. Malformasi kongenital terjadi setelah infeksi simtomatik dan asimtomatik. Infeksi Zika pada kehamilan juga dapat menyebabkan komplikasi seperti keguguran, lahir mati, dan kelahiran prematur.

 

Diagnosa, Perlakuan dan Pencegahan

Infeksi virus Zika dapat dicurigai berdasarkan gejala orang yang tinggal atau mengunjungi daerah dengan penularan virus Zika dan/atau vektor nyamuk Aedes. Diagnosis infeksi virus Zika hanya dapat dikonfirmasi dengan tes laboratorium darah atau cairan tubuh lainnya, dan harus dibedakan dari flavivirus terkait reaksi silang seperti virus dengue, yang mungkin telah terpapar atau divaksinasi sebelumnya kepada pasien.

Tidak ada pengobatan khusus yang tersedia untuk infeksi atau penyakit virus Zika. Orang dengan gejala seperti ruam, demam, atau nyeri sendi harus banyak istirahat, minum cairan, dan mengobati gejala dengan antipiretik dan/atau analgesik. Obat antiinflamasi nonsteroid harus dihindari sampai infeksi virus dengue disingkirkan karena risiko perdarahan. Jika gejala memburuk, pasien harus mencari perawatan dan nasihat medis.

Wanita hamil yang tinggal di daerah penularan Zika atau yang mengalami gejala infeksi virus Zika harus mencari pertolongan medis untuk pengujian laboratorium, informasi, konseling dan perawatan klinis lainnya. Belum ditemukan vaksin untuk pencegahan atau pengobatan infeksi virus Zika. Pengembangan vaksin Zika tetap menjadi bidang penelitian yang saat ini aktif dilaksanakan.

 

Gigitan nyamuk

Infeksi virus Zika juga dapat menyebabkan sindrom Guillain-Barré, neuropati, dan mielitis, terutama pada orang dewasa dan remaja. Saat ini penelitian terus dilakukan untuk menyelidiki risiko dan efek infeksi virus Zika pada kehamilan, strategi pencegahan pengendalian, dan efek infeksi pada gangguan neurologis lainnya pada anak-anak dan orang dewasa.

Perlindungan terhadap gigitan nyamuk pada siang dan sore hari merupakan langkah kunci untuk mencegah infeksi virus Zika, terutama di kalangan wanita hamil, wanita usia subur dan anak kecil. Langkah-langkah perlindungan pribadi termasuk mengenakan pakaian (sebaiknya berwarna terang) yang menutupi sebagian besar tubuh, menggunakan penghalang fisik seperti kasa jendela dan pintu dan jendela tertutup, dan mengoleskan obat nyamuk pada kulit atau pakaian yang mengandung DEET, IR3535 atau icaridin sesuai petunjuk label produk.

Anak kecil dan ibu hamil harus tidur di bawah kelambu jika tidur di siang atau sore hari. Wisatawan dan mereka yang tinggal di daerah yang terkena dampak harus melakukan tindakan pencegahan dasar yang sama seperti yang dijelaskan di atas untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Nyamuk Aedes berkembang biak di kumpulan kecil air di sekitar rumah, sekolah, dan tempat kerja. Penting untuk memberantas tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk ini, termasuk menutup wadah penyimpanan air, membuang genangan air di pot bunga, dan membersihkan sampah dan ban bekas. Inisiatif masyarakat sangat penting untuk mendukung pemerintah daerah dan program kesehatan masyarakat untuk mengurangi tempat perkembangbiakan nyamuk. Otoritas kesehatan juga dapat menyarankan penggunaan larvasida dan insektisida untuk mengurangi populasi nyamuk dan penyebaran penyakit.

 

Pencegahan penularan seksual

Untuk daerah dengan penularan aktif virus Zika, semua penderita infeksi virus Zika dan pasangan seksualnya (khususnya ibu hamil) harus mendapat informasi tentang risiko penularan virus Zika secara seksual.

WHO merekomendasikan agar pria dan wanita yang aktif secara seksual dikonseling dan ditawarkan berbagai metode kontrasepsi untuk dapat membuat pilihan yang tepat tentang apakah dan kapan hamil untuk mencegah kemungkinan kehamilan yang merugikan dan hasil janin.

Wanita yang melakukan hubungan seks tanpa kondom dan tidak ingin hamil karena khawatir akan infeksi virus Zika harus memiliki akses ke layanan dan konseling kontrasepsi darurat. Wanita hamil harus mempraktikkan seks yang lebih aman (termasuk penggunaan kondom yang benar dan konsisten) atau tidak melakukan aktivitas seksual setidaknya selama masa kehamilan.

Untuk daerah yang tidak ada penularan aktif virus Zika, WHO merekomendasikan untuk melakukan seks aman atau pantang selama tiga bulan untuk pria dan dua bulan untuk wanita yang kembali dari daerah penularan aktif virus Zika untuk mencegah infeksi pasangan seks mereka. Pasangan seksual wanita hamil yang tinggal di atau kembali dari daerah di mana penularan lokal virus Zika terjadi harus mempraktikkan seks yang lebih aman atau tidak melakukan aktivitas seksual selama kehamilan.

 

Sumber : https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/zika-virus

Penulis : Bidang SDk (ags)

 

 

 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 19.194
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.112.012