Detail Artikel


  • 02 Maret 2023
  • 971
  • Artikel

Tranformasi Digital Kesehatan: Aplikasi Peduli Lindungi Bertransformasi Menjadi Aplikasi Satu Sehat

Terbaru, Aplikasi Peduli Lindungi bertransformasi menjadi Aplikasi Satu Sehat.

Kementerian Kesehatan RI terus melakukan pembenahan khususnya terkait Trasnformasi Digital Kesehatan. Disampaikan melalui halaman website Kemenkes RI, bahwa Transformasi digital kesehatan di Indonesia kembali memasuki babak baru. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mentransformasikan PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat bernama SATUSEHAT Mobile.

Menurut  Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji, Selasa (28/2) bawah “PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SATUSEHAT Mobile mulai 1 Maret 2023,”

              

Saat ini aplikasi  pengguna Aplikasi Peduli Lindungi sudah tidak bisa membuka lagi aplikasi tersebut dan akan mendapatkan notif permintaan update aplikasi. Update aplikasi tersebut secara otomatis akan memperbaharui Aplikasi Peduli Lindungi menjadi Aplikasi Satu Data.  Aplikasi Satu Data sudah tersedia atau dapat diinstal melalui Playstore maupun App Store.

Data yang sudah ada di Peduli Lindungi  (Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin COVID-19)  akan tersinkronisasi secara otomatis. Dan juga fitur-fitur yang tetap ada sebelumnya di PeduliLindungi, seperti vaksinasi COVID-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in.  

Fitur-fitur lain yang akan dikembangkan di Aplikasi Satu Data antara lain Diari Kesehatan. Untuk kedepannya aplikasi Satu Data akan ada penambahan fitur Diari Kesehatan. Dalam fitur Diari Kesehatan ada empat kondisi yang akan dicatat, yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung. Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut. Menurut Setiaji  “Dengan adanya fitur diari kesehatan tersebut, SATUSEHAT Mobile dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, dan hal tersebut dapat diakses di mana saja dan kapan saja,” Selain hal tersebut, Aplikasi Satu Sehat akan mengembangkan  secara bertahap  menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan personal lainnya yang datanya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SATUSEHAT Platform. Urusan imunisasi anak, antrian ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melalui SATUSEHAT Mobile.

Sumber :

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230228/2042474/besok-pedulilindungi-resmi-bertransformasi-menjadi-satusehat-mobile/

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 30.470
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.080.696