Detail Artikel


  • 11 Mei 2016
  • 28.418
  • Artikel

Tomat Buah Sehat Kaya Manfaat

Tomat Buah Sehat Kaya Manfaat

Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, nasih berkerabat dengan terung, kentang dan paprika.Tomat termasuk buah karena strukturnya mempunyai daging dan  biji yang aman apabila tertelan. Namun  hingga kini masih banyak yang menganggap tomat sebagai sayuran, karena salah satu fungsinya sebagai penyedap dalam masakan.

Tomat merupakan buah yang memilki warna merah menarik serta kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C. Maka tidak salah kalau tomat sangat bermanfaat menjaga sistem imun tubuh. Tiap 100 gram tomat mengandung kalori 20 kal, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 4,2 gram, kalsium 5 miligram, karoten (vitamin A) 1500 SI, thiamin (vitamin B) 60 mikrogram, asam Askorbat (vitamin C) 40 miligram, fosfor 27 miligram, zat besi 0,5 miligram, potassium 360 miligram.

Buah tomat banyak mafaat bagi tubuh. Buah ini pun mudah ditemukan dan harganya sangat bersahabat. Berikut lima hal penting seputar buah yang kaya antioksidan ini.

1.         100 gram tomat memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C sehari. 100 gram tomat juga menyumbang kan sekitar 10 hingga 20 persen kebutuhan vitamin A sehari. Kombinasi vitamin A dan C ini adalah sumber antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

2.         Kombinasi vitamin a dan C dalam tomat berguna untuk memeliha kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka, mencegah perdarahan pembuluh darah halus, menjaga orga penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi.

3.         Ada tiga kandungan penting dalam tomat ; beta karoten, likopen, enzim fitoena, dan fitofluena. Ketika enzim tersebut berfungsi sebagai antioksidan tinggi untuk mengikat radikal bebas, tabir surya alami tubuh , dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

4.         Tomat yang sudah diolah dalam bentuk jus atau dimasak lebih bermanfaat bagi tubuh ketimbang dimakan mentah. Jumlah likopen dalam bentuk jus tomat bisa mencapai lima kali lebih banyak daripada tomat segar. Dalam 100 gram jus tomat terdapat 7 gram kalsium, 15 miligram fosfor, 0,9 miligran zat besi, 230 miligram natrium dan 230 miligram kalium.

5.         Tomat harus disimpan dalam suhu yang tidak terlalu tinggi, misalnya suhu kamar. Atau disimpan dalam lemari es, sebab suhu tinggi dapat merusak tomat.

Jenis tomat secara umum dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya.

Tomat Plum adalah sebutan untuk buah tomat yang bentuknya seperti buah plum. Bentuknya bulat lonjong berdaging tebal,  mengandung banyak air dan berkulit tipis. Tomat plum mempunyai rasa yang agak asam. Tomat plum umumnya digunakan dalam berbagai masakan yang membutuhkan rasa segar seperti sambal, tumisan, sup, serta dibuat minuman seperti jus atau rujak tomat. Sering disebut processing tomato atau paste tomato, karena umumnya diolah menjadi pasta atau saus.

Tomat anggur mempunyai bentuk serupa dengan buah anggur. Baik dalam bentuk ataupun untaiannya. Tomat anggur merupakan jenis  tomat yang paling kecil diantara lainnya. Tomat anggur mempunyai bentuk yang bulat, berasa manis dengan daging yang  tidak tebal dan kadar air yang tidak terlalu banyak.  Karena bentuknya yang seperti anggur dan rasanya yang manis, tomat ini sering dikonsumsi begitu saja atau digunakan sebagai salah satu  bahan dalam salad buah. Tomat anggur juga jarang sekali dijumpai di Indonesia karena orang Indonesia memang jarang mengonsumsi buah tomat secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Tomat ceri ini hampir mirip dengan tomat plum. Namun, mempunyai rasa yang lebih manis. Tomat ceri ini bentuknya kecil agak lonjong. Rasanya manis dan mengandung banyak air. Ketika masih muda tomat ceri berwarna hijau pucat dan ketika sudah masak warna berubah menjadi oranye kemerahan. Karena memilki bentuk yang cantik, seperti halnya tomat anggur, tomat ceri  juga biasanya digunakan sebagai pelengkap salad, hiasan makanan, atau dimakan dalam keadaan segar.

Tomat Pear yang berasal dari Benua Eropa ini, memang mempunyai bentuk yang sangat mirip dengan buah pear, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Tomat pear rasanya manis dan memiliki warna beraneka ragam, yaitu merah, oranye, dan kuning. Tomat pear biasanya dikonsumsi segar, sebagai pelengkap salad, sebagai campuran minuman, atau hiasan makanan.

Tomat Beef orang Amerika menyebutkan beefsteak tomato karena berdaging tebal. Tomat beef ini memilki bentuk yang paling besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Berat perbuah sekitar 500 gram atau lebih. Bentuk bulatnya tidak mulus, bahkan ada yang tidak beraturan atau berulir. Kulit tipis, memiliki banyak ruang biji. Selain bentuknya besar, daging buahnya juga tebal, bijinya tidak terlalu banyak  dan kadar airnya  sangat  sedikit sehingga jika diiris tidak menjadi basah dan berair. Rasa tomat beef ini sedikit asam, dan sangat cocok digunakan sebagai, sayuran dan hiasan makanan pada sandwich ataupun burger. Namun, kadang tomat jenis ini juga ditambahkan dalam berbagai jenis sup, tumisan, atau jenis masakan lain.

Tomat Globe memiliki bentuk bulat yang seragam dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Rasanya tidak terlalu asam. Kerap digunakan dalam makanan utama, salad, sandwich dan burger. Karena selalu dipotong atau  diiris saat mengolahnya, tomat jenis ini sering disebut sebagai slicing tomato. Tomat jenis ini  yang banyak di jual dipasaran Indonesia.

Tomat Oxheart ukuran bisa menyamai beef tomato. Yang membedakan adalah siluetnya mirip stroberi. Memiliki bentuk lonjong dengan daging buah yang banyak ruang biji yang sedikit.

Tomat Campari ukurannya lebih besar dari tomat ceri dan lebih kecil dari tomat plum, berbentuk bulat seperti tomat globe. Tomat ini juga sering disebut sebagai cocktail tomato. Lazim dijual dengan tangkainya.

Tips menyimpan tomat

Tomat mudah teroksidasi, yang dapat memengaruhi  buah atau sayur lain lekas masak. Oleh karena itu, disimpan tomat dalam plastik dan jauhkan dari buah atau sayur lainnya. Tomat hijau untuk jenis tomat yang masih  hijau, simpanlah di dalam kotak kardus hingga warnanya memerah dan matang. Atau bila tidak ada kotak kardus, letakkan didalam boks plastik dan dialasi koran. Tomat matang  tomat  yang mejelang matang atau sudah matang sebaiknya dicuci bersih dan disimpan di suhu ruang. Jauhkan dari sinar matahari dan simpan dengan cara berjajar, jangan ditumpuk agar tidak mudah matang. Dengan cara ini bisa bertahan hingga 2-3 hari. Tomat terlalu matang, bila tomat sudah empuk dan sangat matang maka lebih baik disimpan di lemari es agar bisa dipakai lebih lama dan tetap segar. Saat akan dimasak, biarkan sejenak suhu ruang agar tidak kehilangan aroma aslinya. (FM)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.218
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.182.183