Detail Artikel


  • 28 Maret 2023
  • 418
  • Artikel

Tips Sehat Selama Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan

Tips Umum Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Ramadhan identik dengan tersedia dan keinginan untuk makan makanan minuman manis. Makanan minuman manis mudah diserap sebagai sumber tenaga pengganti energi. Namun demikian, mengkonsumsi makanan minuman manis selama berbuka secara terus menerus dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Takaran konsumsi harian gula, garam, dan lemak sesuai anjuran Kemenkes adalah “G4G1L5”, yaitu :

- Gula 4 sdm (sendok makan)

- Garam 1 sdt (sendok teh)

- Lemak 5 sdm (sendok makan) minyak

 

Makan minum Sahur adalah sumber energi untuk menjalankan ibadah puasa seharian. Mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat ibadah puasa tidak terasa berat. Saat sahur, disarankan tetap menerapkan porsi “Piring Makanku” dengan menu bergizi seimbang, seperti kita makan siang di hari biasanya.

Piring makanku merupakan konsep sajian sekali makan baru yang menggantikan konsep lama 4 sehat 5 sempurna. Dalam konsep ini makan itu sebaiknya bukan sekadar kenyang, tetapi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh. Piring sajian sebaiknya diisi dengan asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral seimbang. Hal ini dikarenakan tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Dalam satu porsi sajian, sayur-sayuran dan buah-buahan disarankan porsinya adalah separuh bagian piring. Sementara itu, separuh bagian piring lainnya dapat diisi dengan karbohidrat dan protein

 

Tips Saat Makan Sahur

Saat kita menjalani makan sahur sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau asin. Gula dan garam bersifat menarik cairan tubuh. Rasa haus adalah salah satu mekanisme tubuh yang memberi tanda bahwa cairan tubuh berkurang. Maka dari itu, saat sahur, disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

Pilihlah menu sahur yang terdiri dari makanan berprotein, karbohidrat kompleks yang tinggi serat, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar saat sahur akan membantu menjaga stamina tubuh saat menjalankan puasa.

Tips Saat Berbuka Puasa

Buah-buahan manis baik untuk menu saat berbuka. Diawali air putih hangat, disarankan mengkonsumsi buah-buahan segar manis (tidak asam). Tidak disarankan berbuka langsung dengan porsi makan banyak agar sistem pencernaan mampu melakukan penyesuaian setelah seharian diistirahatkan (tidak ada makanan). Setelah shalat terawih, dilanjutkan makan dengan porsi “Piring Makanku”. Jangan Takut Makan setelah Shalat Terawih. Ketakutan makan malam menyebabkan gemuk, adalah tidak benar jika pada saat kondisi kita kurang energi (puasa). Catatan bahwa setelah makan malam jangan langsung tidur. Beri jeda waktu agar dapat kita isi dengan kegiatan atau ibadah lainnya. Namun juga perlu diperhatikan untuk tidak tidur terlalu larut malam, agar cukup istirahat dan tetap tepat waktu bangun untuk sahur kembali esok (dini) hari.

Keutamaan Minum Air Putih saat Sahur dan berbuka Puasa

Konsumsi air putih dengan cukup sesaat setelah berbuka puasa dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah hampir 14 jam berpuasa. Air putih bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang lebih cepat lantaran mudah dicerna oleh tubuh. Air putih yang diminum saat berbuka sebaiknya dalam kondisi suhu ruang atau hangat. Minuman yang terlalu dingin berisiko meningkatkan asam lambung. Minuman yang terlalu dingin juga dapat memicu terjadinya reaksi sel-sel di dalam tubuh yang mengakibatkan alergi. Setelah minum air putih,  takjil yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah-buahan manis.

Keutamaan makan Kurma Saat Berbuka

Kurma merupakan buah dengan tinggi kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, serta mineral seperti zat besi, natrium, kalium, magnesium, dan kalsium. Dalam 100 gram kurma mengandung 75 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, dan 8 gram serat pangan. Oleh karena itu, tak heran jika kurma menjadi takjil yang direkomendasikan saat berbuka. Mengkonsumsi kurma juga perlu diperhatikan, terutama bagi penderita diabetes. Karena setiap 100 gram kurma mengandung energi 281 kkal dan gula sebanyak 63 gram.

Olah Raga Saat Berpuasa ?

Olahraga saat berpuasa sebaiknya setelah subuh atau menjelang berbuka, idealnya 90 menit sebelum berbuka. Dianjurkan jenis olahraga intensitas rendah seperti lari atau jalan kaki, berenang, push-up, pilates, bersepeda, dan peregangan seluruh tubuh. Hindari olahraga dengan intensitas berat, sebab, aktivitas berlebihan saat puasa bisa menyebabkan kelelahan fisik.

- Hindari balas dendam saat berbuka yang bisa menyebabkan konsumsi berlebihan.

- Pastikan jeda 2 jam antara olahraga dengan makan dan tidur

- Istirahat yang baik dan cukup, usahakan tidur siang 10-20 menit

- Asupan gizi yang baik secara kuantitas dan kualitas

Demikian tips sederhana selama menjalankan ibadah puasa, Salam Sehat

 

-gs-

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 13.654
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.910.521