Detail Berita


  • 04 Mei 2023
  • 492
  • Berita

Hari Malaria Sedunia : Time To Deliver Zero Malaria

Malaria merupakan isu yang penting dan sudah menjadi tekad bersama sesuai dengan kebijakan Global khususnya di SDG poin 33 tentang eliminasi Malaria TBC tahun 2030, Tema Malaria yang diangkat di tahun 2023 secara Global adalah "Time to Deliver Zero Malaria. Dalam rangka peringatan Hari malaria sebelumnya tahun 2023 dengan yang diangkat di peringatan hari malaria tahun 2023 ini terkait dengan percepatan eliminasi malaria.

Malaria merupakan program prioritas nasional, Indonesia teklah mengikuti apa yang menjadi kebijakan Global khususnya di dalam SDG’s poin 33 tentang elimasi malaria dan tuberkulosis tahun 2030. Kita tahu bersama jumlah kasus malaria di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami meningkat dan paling banyak dikontribusi oleh kasus-kasus malaria di wilayah timur khususnya di Papua, Papua Barat, Maluku dan juga NTT. Hampir 89% kasus-kasus Malaria berada di wilayah tersebut. Namun demikian, terdapat beberapa catatan succes story dalam penanganan penyakit malaria ini di beberapa daerah di Indonesia diantaranya adalah Kabupaten Sorong Selatan terkait dengan eliminasi Papua Barat khususnya di Sorong Selatan.

 

Untuk daerah lain seperti Jawa dan Sumatera rata-rata telah eliminasi malaria dengan parasite indexnya di bawah 1. Kemenkes akan mengejar terus untuk eliminasi malaria. Untuk tingkat kabupaten kota dari 514 kabupaten kota yang ada di Indonesia, sebanyak 372 kab/kota yang sudah eliminasi atau sekitar 72%. Diharapkan hingga RPJMN tahun 2024 target akan dicapai sebesar 90% eliminasi malaria. Terdapat hal yang membanggakan karena sudah ada 5 provinsi yang mencapai eliminasi malaria. Tahun 2023 ini juga akan ada tambahan provinsi yang sudah eliminasi.  Setelah eliminasi provinsi Indonesia bertekat mengejar untuk eliminasi di tingkat regional.

Diharapkan bahwa malaria di Indonesia dapat betul-betul bisa dikendalikan khususnya di wilayah timur dan diharapkan peran Bupati/Walikota dan Gubernur untuk mendorong daerah untuk melakukan percepatan eliminasi. Dan menjadi tantangan yang agak berat memang adalah di wilayah Indonesia Timur.  Terdapat perkembangan adanya satu kabupaten/kota 1 di Sorong Selatan Papua Barat bisa mencapai eliminasi dan diharapkan ini akan memicu daerah lain di sekitarnya. Pada tahun-tahun mendatang semoga lebih banyak lagi kabupaten/kota akan mengikuti seperti Sorong Selatan

Dalam rangka peringatan malaria sebelumnya beberapa kegiatan telah dilaksanakan oleh Kemenkes antara lain di acara Puncak akan dilakukan peringatan IKN, ibukota negara di Provinsi Kalimantan Timur yang direncanakan di bulan Juni tanggal 15. Akan dilakukan penyerahan penghargaan kepada kabupaten/ kota dan provinsi yang menurut hasil penilaian telah memenuhi syarat. Terdapat pula beberapa kegiatan di hari Malaria Sedunia antara lain yaitu kegiatan-kegiatan terkait dengan eliminasi malaria dengan tema Global yaitu “Time to Deliver Zero Malaria” yang telah digaungkan untuk peringatan Hari Malaria Sedunia saat ini.

Diharapkan peran daripada seluruh stakeholder untuk meningkatkan dengan investasi dan inovasi dan implementasi untuk mencapai Indonesia Bebas Malaria. Diharapkan dukungan dari Media untuk dapat melanjutkan sosialisasi terkait dengan malaria terutama Media di daerah sehingga para pengambil keputusan dan semua stakeholder di daerah bisa membantu mendorong tercapainya eliminasi malaria di tahun 2030.

Disarikan dari Temu Media Dirjen P2P Kemenkes 3 Mei 2023 

Penulis Bidang SDK (agus) 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 13.296
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.985.955