Detail Artikel


  • 06 Maret 2023
  • 451
  • Artikel

Tantangan Pandemi Dalam Tatakelola Logistik Vaksin COVID-19

Instalasi Farmasi Pemerintah di Provinsi maupun di Kab/Kota di DIY pada umumnya telah memiliki kualifikasi dan kendali mutu yang baik dalam pengelolaan obat dan perbekalan Kesehatan. Namun dalam masa pandemi beberapa tantangan yang dihadapi diantaranya overload vaksin Covid-19 dan logistiknya. Logistik vaksin Covid-19 seperti ADS 0,5, ADS 3ml, ADS 0,3 ml, alcohol swab, safety box, pelarut NaCl, dll berasal dari Kementerian Kesehatan dan Pengadaan Pemda DIY serta sejumlah kecil dari bantuan-bantuan. Keterbatasan coldroom dan kulkas vaksin ada untuk penyimpanan vaksin Covid sesuai suhu penyimpanan  yang ditentukan. Untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 kebutuhan APD seperti gown, masker, hand sanitizer, sarung tangan, dll dalam jumlah besar juga disimpan di Instalasi Farmasi Pemerintah di Provinsi/Kab/kota. Disamping pengelolaan logistik vaksin, Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan DIY juga mendapat tugas untuk menyimpan barang-barang/ alat Kesehatan yang berhubungan dengan Covid-19, seperti Oksigen konsentrator yang volumenya cukup besar dan lama belum terdistribusi.

Berbagai kondisi tersebut menyebabkan Intalasi Farmasi Dinas Kesehatan DIY kelebihan muatan barang. Langkah yang selanjutnya dilakukan oleh manajemen adalah memperluas area penyimpanan dengan memanfaatkan ruang yang ada diantaranya dengan memanfaatkan ruang tamu, ruang tunggu dan ruang-ruang lain untuk menampung barang / logistik. Membuat alokasi pembagian dan mendistribusikan logistik vaksin ke Dinas Kesehatan Kab/Kota sebagai buffer di Kabupaten/kota.

Kondisi over kapasitas barang ini berlangsung cukup lama dan mulai berkurang setelah memasuki periode Juni 2022. Pemantauan kondisi penyimpanan dan distribusi obat, vaksin Covid-19 dan alkes tersebut dilaksanakan oleh berbagai pihak dalam membantu diantaranya adalah BPOM, BBPOM Yogyakarta, BPK, BPKP, Inspektorat Daerah, Dirjen Farmalkes, Dirjen P2P, Irjen Kemenkes, termasuk juga beberapa lembaga diantaranya ombudsman. Bantuan ini memberikan dorongan untuk fokus dalam menjaga kualitas.

Kesibukan Petugas Mempersiapkan Distribusi Logistik Vaksinasi Covid-19

 

-gs-

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 11.350
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.078.861