Detail Berita


  • 14 April 2023
  • 448
  • Berita

Supervisi dan On the Job Training Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Bantul di Klinik Kartika 0729: Upaya Mendorong Kontribusi Fasilitas Kesehatan dalam Program Pengendalian dan Pencegahan TBC

Pada hari Selasa 11 April 2023, Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Bantul melaksanakan kegiatan Supervisi dan On the Job Training di Klinik Pratama Kartika 0729. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan TBC yang diberikan oleh Klinik dan memberikan materi pencatatan dan pelaporan melalui Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB).

Peserta kegiatan terdiri dari TO PPM Dinkes DIY, TO TBC dan FE PPM Dinkes Bantul, dan programmer TBC Puskesmas Sewon 2. Klinik Kartika 0729 adalah klinik pemerintah yang berada di bawah TNI AD. Klinik pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan layanan TBC sampai dengan opsi 4, yaitu memberikan pengobatan dan membantu pengobatan.

Selama kegiatan dilaksanakan, ditemukan bahwa Klinik belum memiliki fasilitas pojok dahak yang dibutuhkan untuk memberikan layanan TBC. Oleh karena itu, Klinik diharapkan dapat menyiapkan pojok dahak yang dapat digunakan untuk pengambilan dahak. Dalam wilayah Kabupaten Bantul pada tahun 2022, belum ada klinik pemerintah yang melaporkan terduga maupun kasus TBC. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk mendorong fasilitas kesehatan terutama klinik untuk berkontribusi dalam program TBC.

Riyanto, A.Md selaku programmer TBC Klinik Kartika 0729 menyampaikan bahwa Klinik siap mendukung program TBC dengan memberikan layanan TBC. Hal ini merupakan wujud dukungan Klinik dalam upaya pengendalian dan pencegahan TBC di wilayah Kabupaten Bantul.

Dalam rangka mendukung program pengendalian dan pencegahan TBC, Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Bantul akan terus melakukan supervisi dan on the job training di fasilitas kesehatan di wilayahnya. Kegiatan ini akan membantu memperbaiki kualitas layanan TBC dan memastikan bahwa setiap kasus TBC dapat terdeteksi dan diobati secara tepat dan cepat. Dengan demikian, diharapkan dapat menurunkan angka kejadian TBC di wilayah tersebut. (Edwin Daru Anggara)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 20.780
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.088.291