Detail Berita


  • 30 Mei 2017
  • 2.298
  • Berita

Sosialisasi Penyakit Infeksi Emerging (PIE)

Penyakit infeksi emerging adalah penyakit infeksi yang bersifat cepat menyebar pada suatu populasi manusia, dapat berasal dari virus, bakteri, atau parasit. Sebagian besar (75%) penyakit infeksi emerging ini ditularkan ke manusia dari hewan (penyakit zoonosa). Menurut Permenkes No.59 Tahun 2016 Tentang Pembebasan Biaya Pasien Penyakit Infeksi Emerging Tertentu, jenis penyakit infeksi emerging tertentu yaitu poliomyelitis, penyakit virus ebola, penyakit virus MERS, influenza A (H5N1)/Flu Burung, penyakit virus hanta, penyakit virus nipas, demam kuning, demam lassa, demam congo, meningitis meningokokus, dan penyakit infeksi emerging baru yang ditetapkan oleh menteri.

Penyakit infeksi emerging merupakan ancaman serius bagi kehidupan manusia sehingga diperlukan identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyakit infeksi emerging antara lain ; pertumbuhan dan perkembangan penduduk dunia, meningkatnya mobilitas penduduk antar negara, meningkatnya impor dan ekspor berbagai jenis produk makanan dan hewan antar negara. Perubahan dan perkembangan dari kebiasaan hidup manusia dan kualitas lingkungan sehingga diperlukan 4 upaya management penanggulangan penyakit emerging;

  1.    Penguatan jejaring sistem surveilans yang bertujuan untuk menemukan kasus dini melalui screening penyakit, pengobatan yang tepat dan cepat dan pengamatan lingkungan serta perilaku untuk tindakan pencegahan.
  2.      Management kasus melalui kegiatan diagnosis yang akurat dan pengobatan yang adekuat, sistem rujukan sesuai standar operasional prosedur dan menurunkan angka morbiditas (angka kesakitan) dan mortalitas (angka kematian).
  3.    . Pengamatan dan pencegahan menggunakan teknologi baru yang tersedia dan melibatkan peran serta masyarakat serta perluasan informasi melalui berbagai jenis media.
  4.             Pendekatan research kesehatan (penelitian kesehatan), didukung dengan penelitian aspek antropologi, budaya, sosial, lingkungan dan perilaku.

Pertemuan Sosialisasi Penyakit Infeksi Emerging telah dilaksanakan di semua kab/kota se-DIY dengan mengundang peserta dari dinas kesehatan, puskesmas, rumah sakit, lintas sector dan litas program terkait. Diharapkan dari pertemuan tersebut, setiap kab/kota dapat mendukung secara pendanaan dan menyediakan sarana prasarana, termasuk sumber daya manusianya terkait respon cepat dan penanggulangan penyakit infeksi emerging.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.668
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.256.527