Detail Berita


  • 01 September 2023
  • 242
  • Berita

Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) di Kulonprogo

Kebijakan dan strategi penguatan penyelenggaraan sistem rujukan terintegrasi di Indonesia ada 6 pilar, pilar ke 2 tentang transformasi layanan rujukan. Pelayanan Kesehatan bisa di akses semua pihak sebagai wujud pemerataan, klinik juga harus di akreditasi. Semua fasilitas pelayanan kesehatan harus terakreditasi agar pelayanan menjadi bermutu (center of excellena) dengan one stop service. Peraturan Menteri Kesehatan  No.01/2012 Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan yakni sistem rujukan layanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang, sesuai kebutuhan medis dimulai dari layanan kesehatan tingkat I. Kedepan semua rujukan harus melalui SISRUTE, karena saat ini sedang masa transisi proses rujukan dengan WA tidak apa-apa akan berproses, karena sistem rujukan dengan Sisrute akan melindungi data dari banyak hal.

Pelaksanaan sistem rujukan ini dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi yaitu melalui Aplikasi Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) yang merupakan sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis IT untuk meningkatkan kinerja fasilitas pelayanan kesehatan serta untuk merpercepat proses rujukan sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi. Pada proses rujukan menggunakan SISRUTE diharapkan adanya komunikasi dan informasi awal sebelum pasien dirujuk melalui media komunikasi (SMS, aplikasi android dan web), sehingga pelayanan di RS yang dirujuk dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat yang berdampak pada keselamatan pasien dan kepuasan pasien/keluarga.  

Kegiatan pertemuan Pembinaan SISRUTE di Kabupaten Kulonprogo dilaksanakan pada Hari Selasa 29 Agustus 2023 bertempat di Hotel Dafam Kulonprogo

Program SISRUTE di Kabupaten Kulonprogo sudah berjalan dan selangkah lebih maju, karena di semua puskesmas sudah terkonek dan mempunyai akun, sehingga sistem rujukan di Kabupaten Kulonprogo agar dapat berjalan dengan sebaik-baiknya dengan memanfaatkan SISRUTE demikian harapan dari dr. Dwi Hikmah Watiningsih, M.Kes selaku Kepala Seksi Kesehatan Primer, Rujukan dan Kesehatan Khusus, Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan DIY.  

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 20.044
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.112.862