Detail Berita


  • 26 Agustus 2020
  • 17.541
  • Berita

SISRUTE, TENTANG APA ITU, PERLUKAH BAGI FASILITAS KESEHATAN? Oleh Seksi Kesehatan Dasar, Rujukan dan Kesehatan Khusus Bidang Pelayanan Kesehatan

Sistem rujukan pelayanan kesehatan adalah penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horisontal yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan sosial, dan seluruh fasilitas kesehatan. SISRUTE merupakan teknologi informasi berbasis internet yang dapat menhubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke tingkat layanan lebih tinggi atau sederajat (horisontal maupun vertikal) dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien. Pelaksanaan sistem rujukan di Indonesia telah diatur dalam pedoman tentang sistem rujukan berdasarkan Permenkes RI No. 001 tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan perorangan. Pelayanan kesehatan dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari pelayanan kesehatan tingkat pertama. Sejak berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), implementasi sistem rujukan pelayanan kesehatan secara berjenjang berjalan dengan regionalisasi wilayah telah berjalan dengan baik. Sistem rujukan pelayanan kesehatan berjenjang ini menjadikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien, namun kadang terhambat dan membutuhkan waktu lebih lama, peningkatan biaya kesehatan, Dengan adanya sistem rujukan ini dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi yaitu melalui Aplikasi Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE). SISRUTE merupakan sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis IT berguna  untuk meningkatkan kinerja fasilitas pelayanan kesehatan serta untuk mempercepat proses rujukan sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi. Pada proses rujukan menggunakan SISRUTE diharapkan adanya komunikasi dan informasi awal sebelum pasien dirujuk melalui media komunikasi (SMS, aplikasi android dan WEB), sehingga pelayanan di RS tempat rujukan  dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat serta berdampak pada keselamatan pasien dan kepuasan keluarga/pasien. Untuk memenuhi hal itu maka Seksi Kesehatan Dasar, Rujukan dan Kesehatan Khusus mengadakan kegiatan “ Webinar Pembinaan Tehnik Pengembangan SISRUTE melalui media Zoom Meeting pada : tanggal 18 Agustus 2019 sampai 16 September 2020, dengan sasaran : Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik Kesehatan yang berada di 5 Kabupaten/Kota, sebagai  Narasumber adalah dari RSUP Dr. Sardjito dengan materi :

  1. Kebijakan Sistem Rujukan di RSUP Dr. Sardjito
  2. Implementasi Aplikasi Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) dan Mekanisme Bridging Aplikasi SISRUTE dengan aplikasi penunjang pelayanan
  3. Praktek penggunaan aplikasi SISRUTE

Diakhir pertemuan semua  fasyankes praktek bagaimana merujuk pasien ke rumah sakit yang dituju, juga bagaimana jika fasilitas kesehatan tersebut menerima dari tempat lain, praktek dipandu satu-persatu oleh Narasumber dari RSUP Dr. Sardjito

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 439
  • Bulan Ini

  • 982.632
  • Total Kunjungan

  • 7.941.013