Detail Berita


  • 27 Desember 2018
  • 2.271
  • Berita

Pelayanan PSC (Public Safety Center) 119 DIY Tahun 2018

        Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) merupakan upaya didalam pelayanan kegawatdaruratan baik sehari -hari maupun bencana yang terjadi dimasyarakat. Kecelakaan lalulintas merupakan kasus penyumbang terbesar kematian didalam kegawatdaruratan sehari-hari. Ketidakdisiplinan pengguna jalan, kondisi jalan dan armada transportasi merupakan penyebab kecelakaan lalu lintas. Pergeseran penyakit infeksi ke penyakit non infeksi juga merupakan penyebab kegawatdaruratan sehari-hari. Letak geografis Indonesia termasuk wilayah DIY merupakan wilayah dengan potensi ancaman bencana. apabila bencana terjadi akan menyebabkan kegawatdaruratan bencana.

        Salah satu upaya pemerintah untuk menangani korban kegawatdaruratan baik sehari-hari maupun bencana dengan membentuk sistem penanggulangan gawat darurat terpadu. Terpadu mulai tahap prahospital (tempat kejadian kegawatdaruratan), intra hospital ( pelayanan di Rumah Sakit), dan interhospital (sistem rujukan pelayanan kesehatan). Adapun pelayanan pra hospital yang dilakukan berupa pembentukan Call Center dan Public Safety Center (PSC), di DIY dikenal dengan nama PSC 119 DIY. Tugas PSC 119 DIY adalah sebagai call center, yaitu menerima panggilan kegawatdaruratan kesehatan yang terjadi di wilayah DIY. Selanjutnya akan meneruskan panggilan itu ke PSC atau ambulan service yang ada di Kab /Kota, atau bisa langsung menindaklanjuti panggilan tersebut menuju lokasi kejadian dengan ambulan servicenya. Selain itu tugas PSC 119 DIY juga memberikan informasi ketersediaan sumber daya Rumah Sakit yang ada di DIY terupdate. Upaya ini dilakukan untuk mendukung sistem rujukan pelayanan kesehatan yang ada diwilayah DIY, dan juga merupakan kegiatan SPGDT pada fase InterHospital.

        Pada tahun 2018 ini jumlah panggilan kegawatdaruratan yang membutuhkan bantuan ambulan service sebanyak 297 kali. Dari 297 kasus tersebut yang ditindaklanjuti oleh PSC 119 DIY sebanyak 111 kasus, sedangkan 186 kasus diteruskan ke PSC Kab/Kota yang ada di wilayah DIY. Selain menangani kasus-kasus kegawatdaruratan yang terjadi di wilayah DIY, PSC 119 DIY juga sering melaksanakan kegiatan P3K pada event event penting yang ada di DIY. Adapun pelayanan P3K yang dilakukan selama satu tahun pada tahun 2018 ini sebanyak 45 event.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 18.346
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.158.721