Detail Berita


  • 09 Agustus 2017
  • 2.999
  • Berita

MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS PK) DI PUSKESMAS MERGANGSAN

Sebagaimana kita ketahui bahwa Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga telah dilaksanakan mulai Tahun 2016 pada 9 Provinsi di 64 Kabupaten/Kota pada 470 Puskesmas prioritas yang jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir yang masih tinggi. Kemudian pada tahun 2017 dilaksanakan pada 34 Propinsi di 514 Kabupaten/Kota pada 2926 Puskesmas dan sampai dengan tahun 2019 sudah dilaksanakan oleh seluruh Puskesmas. Dalam sistem manajemen yang baik, pelaksanaan program harus selalu diikuti dengan tahapan pemantauan dan evaluasi agar pelaksanaan maupun pencapaian target sesuai dengan track yang telah ditentukan/ditetapkan dan terciptanya peningkatan kualitas pelaksanaan program. Oleh karena itu, pada pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga diperlukan pemantauan dan evaluasi dalam rangka mendapatkan gambaran pelaksanaan dan pencapaian hasil.

Salah satu puskesmas di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah melaksanakan PIS PK adalah Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta. Pada hari Senin (31/07/2017), Tim PIS PK Dinas Kesehatan DIY melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan PIS PK di Puskesmas Mergangsan bersama dengan Tim PIS PK Kota Yogyakarta. Dari persiapan pelaksanaan pendataan, Puskesmas Mergangsan sudah  memilki sumber daya antara lain 4 orang petugas terlatih keluarga sehat, dokumen terkait pelaksanaan PIS PK yakni PROKESGA (Profil Kesehatan Keluarga) dan PINKESGA (Paket Informasi Keluarga Sehat), jadwal dan petugas pelaksana, atribut petugas (topi dan rompi PIS PK) dan rencana alokasi pembiayaan.

Untuk pelaksanaan, Puskesmas Mergangsan telah melaksanakan beberapa kali sosialisasi internal puskesmas dan sosialisasi eksternal lintas sektor. Pendataan dan intervensi awal sudah dilakukan pada beberapa wilayah RW. Hasil dari pendataan sementara dapat diketahui Indeks Keluarga Sehat sekaligus permasalahan kesehatan per keluarga dan wilayah RT dan RW. Saat ini Puskesmas Mergangsan masih terus melakukan pendataan dan intervensi awal PIS PK. Dengan pendataan PIS PK, permasalahan kesehatan di keluarga dapat diketahui dengan lebih detail sehingga intervensi kesehatan menjadi semakin tepat, efektif dan efisien.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.137
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.054.363