Pertemuan Akreditasi Puskesmas 2023
Dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal di bidang kesehatan, salah satu upaya yang dilaksanakan adalah melalui perbaikan mutu pelayanan di puskesmas. Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bertanggung jawab dalam menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya melalui penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan.
Upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan harus diselenggarakan secara berkualitas, adil dan merata, memuaskan seluruh masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya.
Kualitas dan kinerja dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat akan dicapai jika penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat tersebut dikelola dengan baik sesuai dengan standar dan pedoman penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat, dan peningkatan mutu dan kinerja yang menunjang kesinambungannya .
Sebagai upaya peningkatan mutu layanan Puskesmas, Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan beberapa regulasi terkait mutu pelayanan di Puskesmas. Oleh sebab itu, sebagai upaya tindak lanjut dan persiapan akreditasi Puskesmas di DIY, Dinas Kesehatan DIY akan mengadakan sosialisasi peningkatan sistem manajemen mutu puskesmas yang akan dilaksanakan secara daring dengan narasumber dari Kementerian Kesehatan RI dan surveyor akreditasi di DIY.
Peserta dari kegiatan ini melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-DIY dan Puskesmas se-DIY dimana kegiatan ini bertujuan agar para peserta dapat paham dan dapat menyiapkan upaya-upaya peningkatan mutu pelayanan dan pengusulan akreditasi Puskesmas.
Hasil dari sosialisasi peningkatan sistem manajemen mutu puskesmas adalah Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan puskesmas mendapatkan ilmu mengenai hal-hal yang diperlukan dalam mempersiapkan survei akreditasi dan juga strategi untuk mencapai akreditasi paripurna bagi Puskesmas.