Detail Berita


  • 14 November 2018
  • 976
  • Berita

Ingin Sehat ? KUNJUNGI STAND KESEHATAN DI PASAR MALAM SEKATEN YOGYAKARTA

Permasalahan pembangunan kesehatan di Indonesia yang dihadapi yaitu masih tingginya angka kematian ibu dan anak, semakin kompleksnya masalah gizi, masih tingginya angka kematian diakibatkan penyakit menular dan penyakit tidak menular serta permasalahan kesehatan jiwa yang semakin besar dan menimbulkan beban kesehatan yang cukup signifikan.

Permasalahan kesehatan yang hampir sama juga ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil riskesdas 2013 situasi Penyakit Tidak Menular seperti  Diabetes Mellitus , Stroke , Hipertensi menduduki ranking 5 besar secara nasional , penyakit kanker dan gangguan jiwa ranking pertama secara nasional , gagal jantung rangking 7 secara nasional.Tingginya angka kematian ibu dan bayi, serta masalah gizi masih memerlukan perhatian dan penanganan yang lebih serius. Keberhasilan mengatasi masalah tersebut sangat ditentukan adanya upaya sistem yang berkesinambungan serta dukungan dari berbagai pihak terkait.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Gerakan masyarakat hidup sehat adalah Suatu tindakan yang terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa  dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan  berperilaku sehat  untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dalam rangka mensosialisasikan GERMAS agar masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta lebih sehat, dilakukan dengan berbagai cara melalui berbagai media salah satunya dengan pameran kesehatan yaitu di Pasar Malam Sekaten.

Pasar Malam Perayaan Sekaten ( PMPS ) merupakan agenda rutin Pemerintah Daerah DIY dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang bertepatan tanggal 12 Rabiul awal atau 12 mulud. Kegiatan yang dilakukan antara lain Pameran pembangunan yang diikuti oleh semua instansi di Pemda DIY salah satunya Dinas Kesehatan  DIY.

Pameran pembangunan di Pasar malam perayaan sekaten dilaksanakan mulai tanggal 2 sd 19 November 2018 di Alun-alun Utara, sedangkan jadwal buka adalah :

-   Hari Senin s/d  Jumat       :    17.00 WIB  s/d 21.00 WIB

-   Hari Sabtu dan Minggu   :    17.00 WIB – 22.00 WIB

-   Hari Minggu pagi              :    11.00 WIB – 17.000 WIB

-   Hari Minggu Sore              :    17 .00 WIB – 22.00 WIB

Setiap stand menampilkan unggulan masing- masing dari satuan kerja perangkat Daerah.  Dinas Kesehatan DIY dalam pameran kesehatan memberikan pelayanan cek kesehatan antara lain : pemeriksaan gula darah,kolesterol, tekanan darah, Indek Masa Tubuh ( IMT) untuk mengetahui status Gizi.,kuis kesehatan berhadiah, konsultasi kesehatan serta pembagian media promosi kesehatan

Pameran kesehatan di pasar malam perayaan sekaten ini banyak di minati dan bermanfaat bagi pengunjung sekaten, hal ini dapat dilihat dari hasil kepuasan pelanggan yang di berikan ke pengunjung stand Dinas kesehatan tahun 2017.Hasil Evaluasi terhadap pengunjung dengan sampel sebanyak 281  orang adalah sbb :

a. Jenis kelamin responden pengunjung  laki-laki (35%) dan perempuan (64%), abstain (1%)

b. Umur responden terbanyak masuk di golongan dewasa ( 20 – 60 tahun ) sebesar 87 %

c.  Pendidikan terakhir responden terbanyak adalah tamat SLA sebesar  48 %

d. Jenis Pekerjaan responden terbanyak pegawai swasta sebesar  23 %

e. Penilaian secara umum responden menyatakan  puas dan sangat puas  untuk penampilan stand = 99%.  Pelayanan Petugas = 96,88%, dan Penyediaan media informasi = 92% ( 8% abstain)

Anda penasaran, ingin mengetahui kondisi kesehatan secara dini, silahkan kunjungi  stand Dinas Kesehatan DIY.

(Subekti, S,Si,T)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.856
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.147.231