Detail Berita


  • 19 April 2023
  • 607
  • Berita

Negosiasi Kesepakatan Global perlindungan Dunia dari Keadaan Darurat Pandemi Masa Depan (Majelis Kesehatan Dunia, 7 April 2023)

Negara-negara Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization / WHO) telah memetakan bagaimana negosiasi kesepakatan global tentang pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi akan bergerak maju dengan maksud untuk menyajikan draf kesepakatan untuk disetujui oleh Majelis Kesehatan Dunia pada Mei 2024.

Kamis 4 April 2023, rangkain diskusi tentang draf kesepakatan pandemi berlangsung selama pertemuan kelima Badan Perundingan Antar Pemerintah (intergovermental Negotiating Body/INB), yang mencakup 194 negara WHO, telah diakhiri. Negara-negara sepakat untuk membuka jendela bagi proposal tertulis tambahan hingga 22 April dan bahwa proposal tersebut akan dikompilasi dengan semua proposal lain yang dibuat selama beberapa minggu terakhir menjadi sebuah paket yang akan tersedia bagi semua peserta kelompok penyusun.

Biro INB kemudian akan menyediakan, sebagai tambahan dari paket, untuk pertimbangan Kelompok Penyusun, Teks Biro, termasuk opsi jika memungkinkan, berdasarkan semua pengajuan yang diterima dan disertakan dalam dokumen kompilasi. Kelompok Penyusun INB kemudian akan bertemu pada bulan Juni untuk melanjutkan negosiasi.

Co-Chair Biro INB, Roland Driece dari Belanda, mengatakan: “Dunia menyadari bahwa apa yang kita inginkan dan perlu capai adalah kesepakatan yang akan membantu kita untuk tidak mengulangi kesalahan respons pandemi COVID-19. Ada banyak proposal dan saran konstruktif tentang cara melakukan ini.”

Berdaar proses yang disepakati pada sesi khusus Majelis Kesehatan Dunia pada akhir 2021, negosiasi rancangan kesepakatan bertujuan menghasilkan rancangan akhir untuk dipertimbangkan oleh Majelis Kesehatan Dunia ke-77 pada Mei 2024.

Sejalan dengan negosiasi kesepakatan pandemi, juga dibahas lebih dari 300 amandemen Peraturan Kesehatan Internasional (2005) (International Health Regulation / IHR) dalam upaya untuk memperkuat peraturan tersebut dan membuat dunia lebih aman dari penyakit menular sambil memastikan kesetaraan yang lebih besar dalam respons global terhadap kedaruratan kesehatan masyarakat.

Berbagai Pemerintah di seluruh dunia telah bekerja untuk memastikan konsistensi dan keselarasan di seluruh proses INB dan IHR. Amandemen IHR yang diusulkan juga akan dipresentasikan ke Majelis Kesehatan Dunia pada tahun 2024, dan bersama-sama, dengan kesepakatan pandemi di masa depan, akan memberikan serangkaian perjanjian kesehatan global yang komprehensif, saling melengkapi, dan sinergis.

Penulis : Bidang SDK (Agus)  

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.191
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.094.009