Detail Berita


  • 29 Desember 2021
  • 328
  • Berita

Monev Pelaksanaan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI)

Di penghujung tahun 2021 Dinas Kesehatan DIY telah melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Internship Dokter Indonesia (PIDI). Tim terdiri dari Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kab. Sleman dan KIDI DIY, dalam rangka memantau dan mengevaluasi pelaksanaan Program PIDI di Puskesmas Ngemplak I. Puskesmas Ngemplak I merupakan Puskesmas Rawat Inap. Saat ini peserta yang berada di Puskesmas Ngemplak I merupakan stase terakhir, yang akan selesai pada bulan Februari 2022. Jumlah Peserta PIDI yang ada di Puskesmas Ngemplak I pada stase ini sebanyak 6 orang, dari keseluruhan peserta berjumlah 18 orang.

Pengukuran kinerja dokter perserta PIDI diukur melalui Pengisian Borang secara online. Pemantauan pengisian borang online dilakukan setiap 2 minggu, kemudian dilakukan validasi oleh Dokter Pendamping. Untuk menghindari kasus copy paste Dokter Pendamping mewajibkan peserta PIDI untuk mencantumkan nomor rekam medis pasien. Masih terdapat dokter yang masih sedikit kasusnya karena kasus belum dientry dan belum di validasi dokter pendamping.

Peserta PIDI di Puskesmas  mengikuti kegiatan UKM dan UKP. Selain itu peserta PIDI juga dilibatkan dalam kegiatan puskesmas seperti : Vaksinasi covid 19 di Puskesmas dan ke masyarakat langsung, Kegiatan 3T Penanggulangan Covid-19 (Testing, tracing, treatment), Layanan regular : layanan umum (infeksi dan non infeksi), KIA, UGD, belajar peresepan dan P-care.

Sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan RI, dalam melaksanakan kegiatan pelayanan, baik masyarakat maupun UGD dan Poli di Puskesmas selalu didampingi dokter pendamping/dokter definitive untuk tujuan kemahiran dan kemandirian.

Pelaksanaan PIDI di Puskesmas Ngemplak I berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal. Evaluasi rutin peserta dengan Dokter Pendamping telah rutin dilaksanakaan setiap 2 minggu sekali. Komunikasi Dokter Pendamping dengan peserta berjalan dengan baik dan lancar. Demikian pula hubungan  peserta PIDI dengan tenaga kesehatan lain di Puskesmas terjalin baik. Tim Visitasi juga mengingatkan kembali kepada peserta PIDI dan Dokter Pendamping untuk pengisian borang dan mini projek mengingat waktu pelaksanaan Internsip akan selesai pada Februari 2022.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 11
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.090.863