Detail Berita


  • 05 Juli 2018
  • 839
  • Berita

Gubernur DIY Raih Penghargaan di Puncak HLUN 2018

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mendapatkan penghargaan untuk kategori Penghargaan Perseorangan Pimpinan Daerah. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Sosial pada pada Acara Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-22 di DIY, Kamis (5/7). Selain Gubernur DIY, penghargaan untuk kategori perseorangan pimpinan daerah juga diberikan kepada Bupati Kabupaten Merangin dan Gubernur Jawa Timur. Selain itu, wakil DIY yang juga menerima penghargaan dalam kesempatan tersebut adalah Kelompok Mugi Waras Sleman, untuk kategori penghargaan kelompok.

 

Puncak peringatan HLUN Tahun 2018 yang diselenggarakan di Lapangan Paskhas AAU ini dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sosial Idrus Marham, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher dan sejumlah kepala daerah serta 5.000 lansia dari wilayah DIY, Jawa Tengah dan beberapa wilayah di Indonesia.

 

Tema yang diusung adalah “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia”. Peringatan HLUN 2018 bertujuan untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, meningkatkan kesadaran lanjut usia, generasi penerus, keluarga, dan masyarakat tentang pentingnya berbangsa dan bernegara. HLUN juga bertujuan untuk mendorong motivasi individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dari pusat sampai daerah.

 

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Sosial juga menyerahkan draf perubahan UU Nomor 13 tahun 1998 dari masyarakat kepada Ketua Komisi VIII DPR RI, serta memberikan bantuan kepada lansia di antaranya alat bantu berupa kursi roda, tongkat, walker, alat bantu dengar, tripod, dan kacamata kepada 71 lanjut usia, Paket Pemenuhan Kebutuhan Dasar kepada 250 lanjut usia dari DIY dan 200 lanjut usia dari Provinsi Jawa Tengah.

 

Kemeriahan acara semakin bertambah dengan tampilnya berbagai kesenian di antaranya Tari Kuda Lumping, dengan penari dari berbagai usia, dari balita hingga lansia. Selain itu, malam ini (5/7) mulai pukul 23.00 juga akan diselenggarakan pagelaran wayang kulit dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon "Pandu  Suwargo" (pf26)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.497
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.143.872