Detail Berita


  • 01 April 2022
  • 190
  • Berita

Kiat Jalani Puasa tapi Badan Tetap Sehat

Bulan  Ramadan datang lagi, seluruh umat Muslim akan melaksanakan ibadah berpuasa dari waktu shubuh sampai maghrib tiba. Di Indonesia sendiri, durasi puasa biasanya dapat mencapai hingga 13 jam. Sehingga, banyak perubahan pola hidup yang terjadi selama Ramadan. Nah untuk menghadapinya, Anda tentu perlu mengetahui tips puasa agar tetap sehat dan kuat. Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak menerapkan pola hidup sehat dan benar, lalu apa yang perlu kita lakukan :

1. Makan sahur :dalam syariat Islam, makan sahur memang disunnahkan. Namun lebih daripada itu, sahur ternyata juga menyimpan banyak keutamaan yang baik untuk kesehatan tubuh. Itulah sebabnya, para dokter dan ahli gizi menyarankan untuk makan sahur sebelum berpuasa. Beberapa manfaat sahur antara lain yaitu sebagai sumber energi saat puasa seharian, menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah terjadinya dehidrasi [1]. Jalani tips puasa sehat ini dengan memastikan makanan yang Anda konsumsi selama sahur mengandung nutrisi seimbang seperti karbohidrat kompleks, protein, sayur, buah dan air putih. 

2. Tetap produktif : berpuasa memang akan membuat Anda menahan lapar dan haus selama seharian. Namun itu bukan berarti alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari. Bahkan para ahli pun menyarankan untuk berjalan kaki di sekitar rumah dan beraktivitas seperti biasa agar tubuh tetap fit.

3. Makan secukupnya saat buka puasa : setelah menahan haus dan lapar selama sehari penuh, beberapa orang mungkin cenderung memiliki keinginan untuk melahap setiap hidangan yang ada. Padahal berbuka puasa dengan makan dalam jumlah sangat banyak atau terlalu cepat dapat memicu gangguan pencernaan dan masalah lambung. Itulah sebabnya, menghindari makan berlebihan ini termasuk tips puasa untuk penderita asam lambung yang perlu diperhatikan. Sebaiknya, makalah dengan porsi kecil secara perlahan yang tentunya lebih baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah penambahan berat badan.

4. Lakukan olahraga ringan: meski berpuasa, rutinitas olahraga sehari-hari tentu tak boleh dilewatkan. Nah untuk menyiasatinya, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat seperti yoga, pilates, jogging, ataupun dengan melakukan gerakan-gerakan workout ringan. Walau memang melelahkan secara fisik, berolahraga sebenarnya termasuk salah satu tips puasa sehat dan kuat.

5. Konsumsi makanan dan minuman manis yang sehat: saat adzan maghrib berkumandang, Anda akan disunnahkan untuk segera berbuka puasa dengan sesuatu yang manis. Hal ini juga disarankan karena konsumsi makanan atau minuman manis memang baik untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Akan tetapi, anjuran ini tentu juga harus dibarengi dengan porsi yang cukup. Sebab konsumsi gula berlebihan dapat membuat Anda merasa lebih cepat letih dan lesu. Jadi sebaiknya, tetap perhatikan berapa banyak gula yang masuk ke dalam tubuh, ya. Sebagai jalan keluar, Anda bisa mengonsumsi asupan manis sehat seperti 3 buah kurma setiap kali berbuka puasa. Selain bergizi, kurma juga lezat, lho!

6. Konsumsi protein dan makanan tinggi serat : menyambung dari poin sebelumnya, coba konsumsi makanan berserat dan berprotein tinggi seperti daging sapi, ikan, telur, buncis, dan kacang-kacangan saat berbuka. Nantinya, protein dan serat ini akan sangat membantu menjaga pencernaan sekaligus memberikan efek kenyang lebih lama. Hindari juga makan makanan berminyak dan tinggi sodium karena menyebabkan mudah haus.

7. Tidur yang cukup: di samping memperhatikan pola makan, lengkapi juga tips puasa sehat Anda dengan tidur yang cukup. Mengapa demikian? Pasalnya, cukup tidur bukan hanya menghindarkan Anda dari rasa ngantuk di siang hari, namun juga akan meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga sangat membantu untuk bisa beraktivitas seperti biasa meski saat berpuasa.

8. Perbanyak minum air putih: tips puasa agar tidak dehidrasi tentu saja dengan memperbanyak minum air putih. Perlu diketahui, tak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Anda akan tetap dianjurkan untuk minum 2 liter air mineral setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.  Anda bisa melakukan tips puasa agar tidak dehidrasi ini dengan mengikuti pola minum 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam (antara waktu berbuka dan sahur), dan 2 gelas lagi saat sahur. Mudah, bukan?

9. Konsultasi dengan dokter : ini mungkin bisa menjadi tips puasa untuk penderita asam lambung dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Sebab beberapa kondisi medis tertentu yang memerlukan pengobatan memang dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tujuannya, agar pasien dapat mengetahui bagaimana solusi terbaik untuk minum obat yang tentunya tidak dapat dikonsumsi saat berpuasa. Jadi bila masih penasaran apa tips puasa untuk penderita asam lambung, inilah jawabannya! Itulah 9 tips puasa sehat yang bisa dijadikan sebagai panduan agar tetap fit selama Ramadan. Yuk sayangi tubuh Anda dengan mulai berolahraga ringan dan memperhatikan kandungan makanan sehari-hari!

beberapa kondisi medis tertentu yang memerlukan pengobatan memang dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tujuannya, agar pasien dapat mengetahui bagaimana solusi terbaik untuk minum obat yang tentunya tidak dapat dikonsumsi saat berpuasa. Jadi bila masih penasaran apa tips puasa untuk penderita asam lambung, inilah jawabannya! Itulah 9 tips puasa sehat yang bisa dijadikan sebagai panduan agar tetap fit selama Ramadan. Yuk sayangi tubuh Anda dengan mulai berolahraga ringan dan memperhatikan kandungan makanan sehari-hari!

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.095
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.608.611