Detail Artikel


  • 31 Maret 2022
  • 125
  • Artikel

Kelola Vaksin Dalam SATU Genggaman

Pelaksanaan layanan imunisasi yang terjangkau dan berkualitas telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Ruang lingkup pengaturan di dalam Permenkes ini meliputi jenis imunisasi, penyelenggaraan Imunisasi Program dan Imunisasi Pilihan, pemantauan dan penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), penelitian dan pengembangan, peran serta ma syarakat, pencatatan dan pelaporan, serta pembinaan dan pengawasan.

Pada pelaksanaan di lapangan, rantai pasok dalam imunisasi merupakan keterpaduan dari pelayanan imunisasi dan farmasi.

Oleh karena itu perlu dikembangkan teknologi informasi berupa Sistem Informasi Monitoring Logistik untuk program imunisasi, supaya dapat menjaga kestabilan stok dan kualitas vaksin yang sampai ke masyarakat.

Teknologi informasi tersebut diterapkan dalam suatu aplikasi yang dinamai Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik secara Elektronik (SMILE). SMILE memanfaatkan teknologi informasi dan infrastruktur yang tersedia, untuk memantau sumber daya pengelola vaksin dan program imunisasi.

Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas diharapkan dapat mempunyai data yang akurat berkat adanya sistem informasi monitoring logistik dalam program imunisasi ini. Dengan  begitu, dapat terjamin ketersediaan logistik (tidak kekurangan  maupun kelebihan) pada saat yang dibutuhkan dan dapat diperta hankan kualitas logistik tersebut, dari produksi sampai ke sasaran.

Digitalisasi informasi pasokan dan monitoring penyimpanan vaksin secara real-time dan remote akan menjadikan perencanaan, pengadaan, serta distribusi vaksin menjadi lebih cepat, akurat dan mudah, dari tingkat nasional hingga seluruh titik rantai dingin vaksin. Pelaporan berbasis elektronik akan semakin dibutuhkan untuk mendapatkan data akurat sehingga respons cepat dapat dilakukan pada saat terjadi pandemi. Pengawasan atas kualitas vaksin juga dapat dilakukan tanpa batas geografis dan waktu, karena alat pemantau suhu yang terpasang di dalam kulkas terhu bung dengan aplikasi SMILE yang dapat diakses melalui telepon  genggam masing-masing petugas.

Selain berbasis telepon genggam, SMILE juga dapat diakses  melalui website. SMILE membantu petugas dan fasilitas kesehatan melakukan pencatatan dan pelaporan secara elektronik, dan menyimpan data melalui internet dalam cloud yang memungkinkan data diakses secara real-time. Hal ini sesuai dengan Draft dokumen reformasi Sistem Kesehatan Nasional yakni pembenahan data kesehatan di era digitalisasi 4.0, yang dalam hal ini difokuskan antara lain dengan mewujudkan akses data secara real-time untuk program jaminan kesehatan nasional, gizi serta imunisasi kepada masyarakat. Maka dari itu, Kementerian Kesehatan telah  menetapkan SMILE sebagai sistem monitoring logistik secara elek tronik dalam perencanaan 5 tahun Program Imunisasi (CMYP 2020–2024).

Inovasi monitoring logistik imunisasi melalui sistem informasi ini telah dimulai sejak 2018 dengan menguji coba SMILE di dua kota, yaitu Bogor dan Tangerang Selatan, selama 1,5 tahun. Sejak itu, SMILE telah digunakan secara aktif oleh 100% Puskesmas (29 Puskesmas) dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, 100% Puskesmas (25 Puskesmas) dan Dinas Kesehatan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Banten.

Perluasan penggunaan aplikasi SMILE akan diwujudkan secara bertahap, dari 2020 sampai 2025, dimulai dari tingkat Provinsi di 34 provinsi, 100 Kabupaten/Kota dan Puskesmas di 8 provinsi hingga mencapai 600 Puskesmas. Pada 2020, DKI Jakarta merupakan provinsi pertama di mana 100% Puskesmasnya telah mengaplikasi kan SMILE.

Pada 2021, penggunaan aplikasi SMILE akan diperluas ke seluruh tingkat Kabupaten/Kota dan Puskesmas sehingga mencapai 1.200 Puskesmas. Pada 2022 hingga 2024 secara bertahap dilakukan perluasan penggunaan aplikasi SMILE di tingkat Puskesmas  sehingga mencapai 10.000 Puskesmas. Dengan demikian, diharap- kan pada 2024 perluasan Logistik Monitoring Information System (LMIS) program imunisasi melalui aplikasi SMILE ini telah rampung dan diterapkan di seluruh Fasilitas Kesehatan di Indonesia.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.141
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.608.657