Detail Artikel


  • 11 Agustus 2023
  • 1.297
  • Artikel

Kanker Serviks dan Vaksinasi HPV

 

Pengantar

Kanker Serviks merupakan kanker tertinggi di dunia ke-empat yang terjadi pada wanita. Diperkirakan sebanyak 604.000 kasus baru muncul pada tahun 2020. Dari perkiraan 342.000 kematian akibat kanker serviks pada tahun 2020, sekitar 90% di antaranya terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Wanita yang hidup dengan HIV 6 kali lebih mungkin mengembangkan kanker serviks dibandingkan dengan wanita tanpa HIV, dan diperkirakan 5% dari semua kasus kanker serviks disebabkan oleh HIV. Selain itu, di semua wilayah dunia, kontribusi HIV terhadap kanker serviks secara tidak proporsional terjadi pada wanita yang lebih muda.

Negara-negara dengan penghasilan tinggi, memiliki program-program yang memungkinkan bagi anak perempuan untuk divaksinasi HPV dan perempuan untuk mendapatkan skrining secara teratur dan diobati secara memadai. Skrining memungkinkan untuk segera dapat menemukan lesi pra-kanker pada tahap ketika mereka dapat dengan mudah diobati.

Negara-negara dengan penghasilan rendah dan menengah, terdapat keterbatasan akses terhadap langkah-langkah pencegahan sebagaimana negara maju dan kanker serviks seringkali tidak teridentifikasi sampai stadium lanjut dengan gejala yang telah berkembang. Selain itu, akses ke pengobatan lesi kanker (misalnya, operasi kanker, radioterapi dan kemoterapi) terbatas, mengakibatkan tingkat kematian yang lebih tinggi akibat kanker serviks di negara-negara tersebut.

Tingkat kematian yang tinggi akibat kanker serviks secara global (tingkat standar usia di kalangan wanita: 13,3/100.000 pada tahun 2020) seharusnya dapat dikurangi dengan intervensi yang efektif pada berbagai tahap kehidupan.

 

HPV dan Kanker Serviks

Sebagian besar kanker serviks (lebih dari 95%) disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). HPV adalah infeksi virus yang paling umum pada saluran reproduksi. Sebagian besar wanita dan pria yang aktif secara seksual akan terinfeksi pada suatu saat dalam hidup mereka, dan beberapa mungkin terinfeksi berulang kali. Lebih dari 90% populasi yang terinfeksi akhirnya sembuh dari infeksi.

Kanker serviks sejauh ini merupakan penyakit terkait HPV yang paling umum. Hampir semua kasus kanker serviks dapat dikaitkan dengan infeksi HPV. Meskipun sebagian besar infeksi HPV sembuh dengan sendirinya dan sebagian besar lesi prakanker sembuh secara spontan, terdapat risiko bagi semua wanita bahwa infeksi HPV dapat menjadi kronis dan lesi prakanker berkembang menjadi kanker serviks invasif.

Dibutuhkan 15 sampai 20 tahun untuk kanker serviks berkembang pada wanita dengan sistem kekebalan tubuh yang normal. Ini hanya membutuhkan waktu 5 hingga 10 tahun pada wanita dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti wanita dengan infeksi HIV yang tidak diobati.

 

Pengendalian Kanker Serviks dan Vaksinasi HPV

Strategi Global untuk menghilangkan kanker serviks sebagai masalah kesehatan masyarakat, merekomendasikan pendekatan komprehensif untuk pencegahan dan pengendalian kanker serviks. Tindakan yang direkomendasikan termasuk intervensi sepanjang perjalanan hidup. Pencegahan kanker serviks harus mencakup multidisiplin, termasuk komponen dari pendidikan masyarakat, mobilisasi sosial, vaksinasi, skrining, pengobatan dan perawatan paliatif.

Saat ini terdapat 4 vaksin yang telah diprakualifikasi oleh WHO, semuanya melindungi terhadap HPV tipe 16 dan 18, yang diketahui menyebabkan setidaknya 70% kanker serviks. Vaksin 9-valen melindungi terhadap 5 jenis HPV onkogenik tambahan, yang menyebabkan 20% lebih lanjut kanker serviks. Dua vaksin juga melindungi terhadap HPV tipe 6 dan 11, yang menyebabkan kutil anogenital.

Uji klinis dan pengawasan pasca pemasaran telah menunjukkan bahwa vaksin HPV aman dan efektif dalam mencegah infeksi dengan infeksi HPV, lesi prakanker derajat tinggi, dan kanker invasif. Vaksin HPV bekerja paling baik jika diberikan sebelum paparan terhadap HPV. Oleh karena itu, untuk mencegah kanker serviks WHO menganjurkan untuk memvaksinasi anak perempuan berusia 9 hingga 14 tahun, saat sebagian besar belum memulai aktivitas seksual. Beberapa negara telah mulai memvaksinasi anak laki-laki karena vaksinasi mencegah kanker terkait HPV pada laki-laki juga.

Vaksinasi HPV tidak menggantikan skrining kanker serviks. Di negara-negara di mana vaksin HPV diperkenalkan, program skrining berbasis populasi diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengobati pra-kanker dan kanker serviks untuk mengurangi kejadian dan kematian akibat kanker serviks.

 

Skrining dan Pengobatan Lesi Pra-Kanker Serviks

Skrining kanker serviks melibatkan pengujian infeksi HPV untuk mendeteksi pra-kanker dan kanker, diikuti dengan pengobatan yang sesuai. Pengujian dilakukan pada wanita yang tidak memiliki gejala dan mungkin merasa sangat sehat. Ketika skrining mendeteksi infeksi HPV atau lesi pra-kanker, ini dapat dengan mudah diobati dan kanker dapat dihindari. Skrining juga dapat mendeteksi kanker pada stadium awal dimana pengobatan memiliki potensi penyembuhan yang tinggi.

Dengan pedoman terbarunya, WHO sekarang mendorong negara-negara untuk menggunakan tes HPV untuk skrining serviks, termasuk tes DNA HPV dan mRNA HPV.

  • Pengujian HPV-DNA mendeteksi jenis HPV yang berisiko tinggi, yang menyebabkan hampir semua kanker serviks.
  • MRNA HPV mendeteksi infeksi HPV yang menyebabkan transformasi seluler.

Tidak seperti tes yang mengandalkan inspeksi visual, tes HPV adalah tes yang objektif. Telah terbukti lebih sederhana, mencegah lebih banyak pra-kanker dan kanker, dan menyelamatkan lebih banyak nyawa. Ini juga lebih hemat biaya daripada teknik pemeriksaan visual atau sitologi (umum dikenal sebagai 'pap smear').

Skrining harus dimulai dari usia 30 tahun pada populasi umum wanita, dengan skrining rutin dengan tes HPV yang divalidasi setiap 5 hingga 10 tahun, dan dari usia 25 tahun untuk wanita yang hidup dengan HIV. Wanita yang hidup dengan HIV juga perlu diskrining lebih sering, setiap 3 sampai 5 tahun.

Skrining harus dikaitkan dengan pengobatan dan pengelolaan tes skrining positif. Wanita dengan HPV positif dapat diobati tanpa verifikasi diagnostik dalam rangkaian sumber daya terbatas. Tes untuk melakukan triase pada wanita dengan HPV positif (misalnya VIA) sangat penting untuk merawat wanita dengan HIV positif.

 

Pengobatan Pra-Kanker Serviks dan Tatalaksana Kanker Serviks Invasif

Jika pengobatan pra-kanker diperlukan dan kriteria kelayakan terpenuhi, pengobatan ablatif dengan cryotherapy atau ablasi termal direkomendasikan. Kedua perawatan tersebut sama-sama efektif dan aman serta dapat dilakukan di klinik rawat jalan.

Jika tidak memenuhi syarat untuk pengobatan ablatif atau jika ada kecurigaan kanker serviks, wanita perlu dirujuk ke tingkat layanan kesehatan yang tepat, di mana evaluasi yang tepat dapat dilakukan dengan kolposkopi dan biopsi. Perawatan eksisi (LLETZ) dapat ditawarkan jika sesuai, dan dalam kasus kanker, rencana perawatan individu dirancang tergantung pada stadium penyakit, kondisi dan preferensi medis pasien, dan ketersediaan sumber daya sistem kesehatan.

Ketika seorang wanita menunjukkan gejala kecurigaan kanker serviks, dia harus dirujuk ke fasilitas yang sesuai untuk evaluasi, diagnosis, dan pengobatan lebih lanjut.

Gejala kanker serviks stadium awal dapat meliputi :

  • Bercak darah tidak teratur atau perdarahan ringan di antara periode pada wanita usia subur;
  • Bercak atau perdarahan pascamenopause;
  • Pendarahan setelah hubungan seksual; Dan
  • Keputihan meningkat, terkadang berbau busuk.

Seiring perkembangan kanker serviks, gejala yang lebih parah mungkin muncul termasuk:

  • Sakit punggung, kaki atau panggul yang terus-menerus;
  • Penurunan berat badan, kelelahan, kehilangan nafsu makan;
  • Keluarnya bau busuk dan ketidaknyamanan pada organ wanita; Dan
  • Pembengkakan kaki atau kedua ekstremitas bawah.

Gejala parah lainnya mungkin timbul pada stadium lanjut tergantung pada organ mana kanker telah menyebar.

Diagnosis kanker serviks harus ditegakkan dengan pemeriksaan histopatologi. Stadium dilakukan berdasarkan ukuran tumor dan penyebaran penyakit. Rencana perawatan tergantung pada stadium penyakit dan pilihannya meliputi pembedahan, radioterapi, dan kemoterapi. Perawatan paliatif juga merupakan elemen penting dari manajemen kanker untuk menghilangkan rasa sakit dan penderitaan yang tidak perlu akibat penyakit tersebut.

 

Sumber : WHO, Cervical Cancer, 2022, download : https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/cervical-cancer

Penulis : Bidang SDK (ags)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 14.199
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.107.017