Detail Berita


  • 02 Agustus 2016
  • 1.719
  • Berita

Sosialisasi Pelayanan Jaminan Kesehatan

Sosialisasi pelaksanaan jaminan kesehatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2016 di Aula Bapel Jamkesos DIY,dengan peserta petugas Rumah Sakit (yang belum pernah mengikuti sosialisasi ini), pengelola Jaminan Kesehatan provinsi dan kabupaten/ kota dan lintas sektor (50 orang). Melalui sosialisasi ini diharapkan peserta memahami alur, prosedur atau mekanisme pengurusan jaminan kesehatan di DIY (JKN, Jamkesos dan Jamkesda) sehingga bisa menjelaskan kepada keluarga pasien dalam mencari dukungan kelengkapan administrasi.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan DIY, Drg. Pembayun Setyaningastutie, M.Kes menyampaikan antara lain : Jaminan kesehatan bukan hal yang baru bagi kita semua (peserta sosialisasi), untuk itu pertemuan kali ini lebih ke arah meminta komitmen agar jaminan kesehatan di DIY berjalan dengan baik dan benar-benar untuk masyarakat yang membutuhkan dan bagaimana pemerintah mensejahterakan masyarakat melalui jaminan kesehatan. Peran peserta disini sangat besar dalam hal ini, semua berperan dari segala lini. Dengan komitmen yang tinggi akan bisa memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Masyarakat yang datang ke Rumah Sakit tidak dalam kondisi yang bahagia, tidak seperti datang ke pelayanan yang lain, oleh karena itu diharapkan keikhlasan dan empati dari petugas kesehatan. Sangat diharapkan teman-teman Rumah Sakit memahami hal ini : petugas pendaftaran, customer service, bagian terdepan diharapkan sangat bisa merasakan apa yang mereka rasakan sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik.

Pertemuan kali ini bersinergi dari lini terdepan sampai dengan stakeholder. Harus ada satu suara dalam melayani pasien jaminan kesehatan dari pelayanan sampai regulator. Yang sering menjadi masalah ketidakjelasan identitas dari pasien. Untuk itu perlu kerjasama hubungan yang baik dengan kependudukan, sehingga diharapkan identitas pasien sudah tidak menjadi masalah dan pelayanan di Rumah Sakit sudah sesuai dengan syarat yang diperlukan oleh jaminan kesehatan.Rumah Sakit juga harus menjalankan kor bisnis Rumah Sakit, patient safety dalam pelayanan JKN, Jamkesos maupun Jamkesda seiring sejalan.

Materi dalam sosialisasi ini adalah :

  1. Mekanisme Pelaksanaan Jaminan Kesehatan di DIY tahun 2016 oleh Dra. Hardiah Djuliani, Apt, M.Kes (Kepala Bidang SDK Dinkes DIY)
  2. Prosedur Pelayanan Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) DIY tahun 2016, oleh Bp. Gamal Iskandar, SKM (Bapel Jamkesos DIY)
  3. Cara Komunikasi Efektif Petugas Kesehatan dengan pasien, oleh Dra. Nenggih Wahyuni (Psikolog dari RSA UGM)

            Dalam sosialisasi ini juga diberikan materi dari pakar psikologi mengenai cara komunikasi yang efektif kepada pasien dan keluarganya. Diharapkan peserta sosialisasi bisa memahami arti penting komunikasi efektif dalam melayani pasien jaminan kesehatan maupun keluarganya dan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

 

 

 

 

 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 29.511
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.079.737