Detail Artikel


  • 21 Februari 2023
  • 182.326
  • Artikel

Indikator Nasional Mutu (INM) Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan pelayanan kesehatan diperlukan suatu upaya evaluasi, perbaikan dan peningkatan terhadap mutu pelayanan kesehatan yang salah satunya dilakukan melalui pengukuran Indikator Mutu. Mutu pelayanan kesehatan mempunyai keunikan mengingat dari kompleksitas pelayanan kesehatan, tidak hanya karena pelayanan kesehatan merupakan bundle antara barang dan jasa, akan tetapi juga karena perbedaan hubungan antara pasien dan pemberi pelayanan, perbedaan persepsi sehat dan sakit antara pasien dan dokter, di samping adanya asimetri dalam hubungan pelayanan kesehatan.

Dengan diterbitkannya Permenkes No 30 Tahun 2022 tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan dan Unit Transfusi Daerah maka menjadi acuan pelaksanaan pengukuran Indikator Nasional Mutu (INM) bagi pengelola mutu di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Pengukuran Indikator Mutu bertujuan untuk menilai apakah upaya yang telah dilakukan benar-benar dapat meningkatkan mutu layanan secara berkesinambungan, juga untuk memberikan umpan balik, transparansi publik dan dapat digunakan sebagai pembanding (benchmark) dalam mengidentifikasi best practice untuk pembelajaran. Indikator Nasional Mutu (INM) yang harus terukur pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan terdiri dari :

1.  Indikator Mutu di Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi

  1. kepuasan pasien
  2. kepatuhan penyediaan sarana dan prasarana kebersihan tangan
  3. kepatuhan kunjungan pasien hipertensi sesuai jadwal kontrol, untuk tempat praktik mandiri dokter
  4. penurunan skor Oral Hygiene Index Simplified (OHIS) pasien, untuk tempat praktik mandiri dokter gigi

2.  Indikator Mutu di Klinik

  1. kepatuhan kebersihan tangan
  2. kepatuhan penggunaan alat pelindung diri
  3. kepatuhan identifikasi pasien
  4. kepuasan pasien

3.  Indikator Mutu di Puskesmas

  1. kepatuhan kebersihan tangan
  2. kepatuhan penggunaan alat pelindung diri
  3. kepatuhan identifikasi pasien
  4. keberhasilan pengobatan pasien Tuberkulosis semua kasus sensitif obat
  5. ibu hamil yang mendapatkan pelayanan ante natal care sesuai standar
  6. kepuasan pasien

4.  Indikator Mutu di Rumah Sakit

  1. kepatuhan kebersihan tangan
  2. kepatuhan penggunaan alat pelindung diri
  3. kepatuhan identifikasi pasien
  4. waktu tanggap operasi seksio sesarea emergensi
  5. waktu tunggu rawat jalan
  6. penundaan operasi elektif
  7. kepatuhan waktu visite dokter
  8. pelaporan hasil kritis laboratorium
  9. kepatuhan penggunaan formularium nasional
  10. kepatuhan terhadap alur klinis (clinical pathway)
  11. kepatuhan upaya pencegahan risiko pasien jatuh
  12. kecepatan waktu tanggap complain
  13. kepuasan pasien.

5.  Indikator Mutu di Laboratorium Kesehatan

  1. kepatuhan kebersihan tangan
  2. kepatuhan penggunaan alat pelindung diri
  3. kepatuhan identifikasi pasien
  4. kepatuhan pelaporan hasil kritis
  5. kejadian sampel/spesimen yang hilang
  6. pengulangan hasil pemeriksaan
  7. kepuasan pasien

6.  Indikator Mutu di UTD

  1. kepatuhan kebersihan tangan
  2. kepatuhan penggunaan alat pelindung diri
  3. pemenuhan kebutuhan darah oleh UTD
  4. donasi dari pendonor darah sukarela
  5. hasil pemeriksaan golongan darah pendonor yang berbeda dengan uji konfirmasi golongan darah
  6. suhu penyimpanan produk darah
  7. kepuasan pasien

Peningkatan mutu pelayanan yang signifikan dan diikuti dengan upaya perbaikan berkelanjutan dapat mendorong peningkatan budaya mutu yang berkesinambungan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan demi mewujudkan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu di setiap tempat praktik mandiri dokter dan dokter gigi, klinik, pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, laboratorium kesehatan dan unit transfusi darah.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 17.733
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.056.994