Detail Artikel


  • 26 Juli 2022
  • 296
  • Artikel

Hari Hepatitis Se Dunia ke 13 (tahun 2022)

Hari Hepatitis Sedunia atau World Hepatitis Day setiap tahunnya diperingati pada tanggal 28 Juli. Hal ini berdasarkan pada hasil Resolusi yang diprakarsa oleh Indonesia dalam sidang Majelis Kesehatan Dunia atau World Health Assembly (WHA) ke-63 tahun 2010 yang menyerukan agar semua negara di dunia melakukan Penanggulangan Hepatitis secara komprehensif, mulai dari pencegahan sampai pengobatan, meliputi berbagai aspek termasuk pengendalian dan penelitian.

Pada tahun 2022 kali ini Hari Hepatitis Sedunia Ke-13 di tengah situasi pandemi ini dan di Indonesia barusan terjadi Hepatitis yang misterius karena belum terklasifikasi yang menyerang anak-anak. Walau demikian, pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit tentu harus tetap berjalan, termasuk Pengendalian virus Hepatitis. Saat ini kita masuk pada era New Normal artinya kita hidup dengan tetap menjalankan kebiasaan normal yang baru dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19.

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia tahun 2022 di Republik Indonesia ini, mengambil tema “Menuju Generasi Bebas Hepatitis”. Dan kita sebaiknya memberikan komitmen dan dukungan pada suksesnya upaya pengendalian Hepatitis pada khususnya.

Virus Hepatitis merupakan beban penyakit yang besar di dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan Riskesdas, 2013 Prevalensi Virus Hepatitis B di Indonesia berkisar 7,1% (sekitar 18 juta) dan Virus Hepatitis C berkisar 1,01% (sekitar 2,5 juta). Virus Hepatitis sangat infeksius, terutama Hepatitis B dan C yang dapat menyebabkan sirosis Hati, dan kanker hati bahkan kematian.

Penyebaran Virus Hepatitis B mempunyai karakteristik sendiri dimana penularan vertikal dari ibu ke anak sangat tinggi. Jika bayi terinfeksi pada usia sangat dini akan mengakibatkan komplikasi berupa sirosis dan kanker hati pada usia yang masih muda.

Melihat permasalahan diatas saat ini Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan seluruh Dinas Kesehatan beserta jajarannya memprioritaskan program pengendalian Virus Hepatitis pada upaya pencegahan, pemutusan rantai penularan dan deteksi dini, tanpa mengurangi upaya pengobatannya. Sedangkan program pengendalian yang dilakukan adalah meningkatkan upaya promosi kesehatan, upaya pencegahan dengan Imunisasi bagi semua bayi yang lahir di Indonesia.

Sejak tahun 2017 program Imunisasi Hepatitis B pada bayi baru lahir harus dilakukan saat bayi usia <24 jam dan dilanjutkan dengan imunisasi rutin HB1 pada usia 2 bulan, HB2 pada usia 3 bulan dan HB3 pada usia 4 bulan. Kegiatan deteksi dini Hepatitis B (DDHB) pada Ibu Hamil, dan memberikan Hepatitis B Imunoglobulin (HBIG) <24 jam pada bayi lahir dari ibu yang reaktif Hepatitis B. Model pengendalian ini diharapkan bisa memutuskan penularan Virus Hepatitis B dari ibu ke anak sampai dengan 95%.

Saat ini perkembangan teknologi kedokteran sangat cepat, termasuk dalam diagnosa dan pengobatan Hepatitis C. Obat hepatitis C saat ini sudah diberikan secara oral dengan harga yang lebih murah dan efek samping yang sangat minimal, dan tingkat kesembuhan yang sangat tinggi. Demikian juga dengan penegakan diagnosisnya yang juga sudah dapat menggunakan Mesin Test cepat melekuler TCM, dimana harganya jauh lebih murah dibandingkan mesin konvensional.

Dalam memberikan komitmen dan dukungan upaya pengendalian Hepatitis, agar untuk :

1) selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah dan mengendalikan hepatitis;

2) Berikan imunisasi Hepatitis B secara lengkap dan tepat waktu untuk memberikan perlindungan dari hepatitis B;

3) Temukan secara dini kasus Hepatitis dengan program deteksi dini hepatitis;

4) Tangani segera infeksi Hepatitis dengan melakukan tatalaksana atau pengobatan secara tepat sesuai anjuran dokter hingga sembuh/virus terkontrol dan tidak menularkan ke orang lain; dan

5) Kita bersama-sama lakukan upaya pencegahan dan pengendalian secara dini dan tepat sehingga hepatitis dapat dieliminasi

Kumpulan ucapan selamat Hari Hepatitis Sedunia28 Juli 2022 yang penuh makna, cocok jadi status dan caption medsos :

1.    Selamat Hari Hepatitis Sedunia28 Juli 2022. Mari cegah Hepatitis, untuk menuju Eliminasi Hepatitis dan demi mewujudkan generasi bebas Hepatitis.

2.    Selamat Hari Hepatitis Sedunia dan semangat untuk para pejuang penyakit hepatitis, kalian semua manusia hebat!

3.    Selamat memperingati Hari Hepatitis Sedunia 2022. Mari lebih jaga kesehatan dan tingkatkan kewaspadaan terhadap penyakit hepatitis.

4.    Sayangi hatimu, kenali dan waspada juga antisipasi atas penyakit hepatitis ini. Selamat Hari Hepatitis Sedunia.

5.    Selamat memperingati Hari Hepatitis Sedunia. You can't do it and you special person.

6.    Jaga hati kita dari hepatitis, jangan cuma jaga hati untuk si dia. Selamat Hari Hepatitis Sedunia.

7.    Orang enggan memberikan vaksin hepatitis B kepada bayi baru lahir dan sering menundanya. Padahal hal tersebut merupakan kesalahan. - Paul A. Offit.

8.    Hepatitis A dan B adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, namun tetap menjadi penyakit yang paling sering dilaporkan. Dapatkan vaksinasi bagi Anda yang berisiko tinggi, akan memberikan perlindungan terbaik untuk Anda. -J Robert Galvin.

9.    Hepatitis C adalah penyakit yang menghancurkan, tetapi karena penelitian mendasar yang dilakukan pada hepatitis C akhirnya penyakit tersebut sekarang dapat disembuhkan. - Laurie Glimcher.

10. Mari kita berdiri bersama mereka yang menderita hepatitis untuk memberitahu mereka bahwa mereka tidak sendirian dalam perjuangan ini. Selamat Hari Hepatitis Sedunia 2022.

 

Sumber :

1. http://p2p.kemkes.go.id/generasi-bebas-hepatitis/

2. https://kabarlumajang.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-425089870/10-ucapan-selamat-hari-hepatitis-sedunia-28-juli-2022-penuh-makna-cocok-jadi-status-dan-caption-medsos?page=2

Mutu Akred DIY

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.967
  • Bulan Ini

  • 982.632
  • Total Kunjungan

  • 7.921.206