Detail Berita


  • 13 November 2018
  • 1.128
  • Berita

Dukung Germas, Dinas Kesehatan DIY Selenggarakan Lomba Pawai

Tema pokok HKN 2018 adalah “Aku Cinta Sehat” dengan Sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tujuan utama peringatan HKN adalah Momentum Hari Kesehatan ke-54 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

 

Salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan NAsional (HKN) ke 54 di DIY adalah Lomba Pawai Germas yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 11 November 2018, diikuti 16 peserta dari Dinas Kesehatan dan mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) dan Universitas dan Sekolah Tinggi Kesehatan yang ada di DIY. Pawai sekaligus kampanye Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat ini mengambil start di halaman gedung DPRD DIY dan berakhir di depan Monumen Serangan Umum 1 Maret. Bendera start dikibarkan oleh ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung didampingi Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie dan Pudir III Poltekkes Iswanto. Juri dalam lomba pawai tersebut berasal dari Asita DIY, Dinas Kebudayaan dan ISI Yogyakarta dan menentukan pemenang sebagai berikut :

a. Juara 1 : Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Yogyakarta dengan total nilai 2.428

b. Juara 2: Jurusan Gizi Poltekkes Yogyakarta dengan total nilai 2.365

c. Juara 3 : Jurusan Kebidanan Poltekkes Yogyakarta dengan total nilai 2.360

d. Juara harapan 1 : Stikes Surya Global dengan total nilai 2.290

e. Juara harapan 2 : Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Yogyakarta dengan total nilai 2.286

f. Juara harapan 3 : Akademi Keperaatan YKY dengan total nilai 2.250

 

Para pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan dari panitia. Lomba pawai Germas tersebut bekerja sama dengan pihak Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan dimeriahkan dengan berbagai penampilan musik dari mahasiwa Poltekkes Yogyakarta.

Peserta pawai dengan mengenakan kostum, tarian, yel-yel dan nyanyian bertema Germas melakukan atraksi di depan Sekretaris Daerah DIY Gatot Saptadi yang berada di panggung kehormatan depan Monumen Serangan Umum 1 Maret dan mendapatkan sambutan dan applaus dari masyarakat yang menyaksikan.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.771
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.145.146