Detail Info Kegiatan


  • 29 Mei 2023
  • 362
  • Info Kegiatan

Dinkes DIY bersama Dinkes Bantul melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis dan Monitoring Evaluasi Layanan TBC di Rumah Sakit Rajawali Citra

Pada tanggal 17 Mei 2023, telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis sekaligus Monitoring dan Evaluasi Layanan Tuberkulosis (TBC) di Rumah Sakit Rajawali Citra. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 13.00 dan diadakan di Aula Rumah Sakit Rajawali Citra.

Peserta yang hadir meliputi Manajemen Rumah Sakit Rajawali Citra, Tim TBC Rumah Sakit Rajawali Citra, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul yang diwakili oleh TO Ibu Leny dan FE PPM Ibu Hesty, serta Dinas Kesehatan DIY yang diwakili oleh Bapak Suharna dan Bapak Edwin.

Acara diawali dengan sambutan dari dr. Asri Priyani Muryatiningsih, MPH, selaku Direktur Rumah Sakit Rajawali Citra. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan komitmen pihak manajemen rumah sakit dalam mendukung program TBC dengan menyediakan SDM dan sarana prasarana yang diperlukan. Ia juga mengucapkan terima kasih atas fasilitas yang diberikan untuk meningkatkan kapasitas SDM internal rumah sakit terkait Tata Kelola TBC.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Suharna, SKM, MPH, selaku Wasor TBC Dinkes DIY, yang memberikan pemaparan mengenai situasi TBC di DIY. Beliau menyampaikan bahwa capaian penemuan kasus TBC di DIY masih belum memenuhi target, sehingga diperlukan dukungan dari semua pihak.

Materi selanjutnya disampaikan oleh perwakilan dari USAID TBPS SPO PPM, drg Lieke, yang memberikan informasi terkait update kebijakan program nasional penanggulangan TBC.

Materi ketiga disampaikan oleh dr. Amalia Setyati, Sp.A (K), seorang Dokter Anak - Ahli Respirologi dari RSUP dr. Sarjito Yogyakarta. Beliau memberikan pembaruan terkait tata laksana pengobatan TBC secara umum dan pada anak-anak. Selain itu, beliau juga menyampaikan informasi tentang Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT).

Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi tanya jawab, di mana peserta aktif berdiskusi dan berkonsultasi tentang situasi layanan TBC di Rumah Sakit Rajawali Citra.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta mengenai penanganan TBC dan memotivasi semua pihak untuk berperan aktif dalam meningkatkan layanan TBC di Rumah Sakit Rajawali Citra (Edwin Daru Anggara)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 922
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.004.683