Detail Berita


  • 12 Mei 2016
  • 1.232
  • Berita

Pengelolaan Laporan Jaminan Kesehatan

Pengelolaan laporan dalam program Jaminan Kesehatan merupakan salah satu komponen penting dalam strategi pencapaian Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia. Gambaran akses peserta ke fasilitas kesehatan baik pelayanan dasar maupun lanjutan  di Daerah Istimewa Yogyakarta digunakan sebagai bahan evaluasi dan menjadi masukan bagi penyempurnaan sistem Jaminan Kesehatan secara keseluruhan.

Paparan perkembangan kepesertaan, pelayanan dan pembayaran klaim menjadi dukungan bagi pemerintah pusat dan daerah dalam melakukan evaluasi kebijakan terkait Jaminan Kesehatan. Terutama untuk membuat atau memperbaiki kebijakan yang responsif bagi peningkatan akses ke fasilitas pelayanan kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sisi lain penguatan pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam melakukan pemanfaatan laporan Jaminan Kesehatan untuk perbaikan program dan kebijakan perlu dilakukan.

Untuk itu perlu dilakukan Pertemuan Pengelolaan Laporan Jaminan Kesehatan, yang telah diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 12 Mei 2016 di Aula Bapel Jamkesos DIY dengan peserta : pengelola jaminan kesehatan provinsi dan kab./kota, BPJS Kesehatan dan Lintas Program/ Lintas Sektor terkait. Pertemuan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran terkini tentang pelaksanaan Jaminan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang kebutuhan data jaminan kesehatan dan peruntukannya, peran dan kewajiban masing-masing instansi dalam memenuhi kebutuhan data tersebut. Data jaminan kesehatan tersebut antara lain : data kepesertaan jaminan kesehatan, cakupan pelayanan kesehatan pasien jaminan kesehatan, 10 penyakit terbanyak dan berbiaya tinggi, besaran klaim dan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan penyelenggara jaminan kesehatan. Hadir Narasumber dalam pertemuan tersebut dari Dinas Kesehatan DIY dengan materi Peran Dinas Kesehatan dalam Pengelolaan Laporan Jamkes, BPJS Kesehatan dengan materi Laporan Pelaksanaan JKN Tahun 2015 dan Tribulan I 2016 dan dari Bapel Jamkesos DIY dengan materi Evaluasi Kinerja Pelayanan pada Jamkesos.

Kesimpulan dari pertemuan ini : masing-masing instansi bertanggung jawab akan pemenuhan data jaminan kesehatan sesuai dengan perannya dan saling berkoordinasi dalam pemenuhan data jaminan kesehatan ini. Diharapkan peningkatan kemampuan ini menghasilkan laporan yang valid dan tepat waktu sehingga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan dapat mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan di DIY serta menjadi masukan bagi penyempurnaan sistem Jaminan Kesehatan secara keseluruhan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.979
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.608.495