Detail Artikel


  • 21 Juni 2016
  • 1.485
  • Artikel

TIPS PUASA SEHAT

Penuhi serat dari protein di waktu sahur

Sahur sangat penting bagi orang yang berpuasa. Meski menjadi waktu terakhir untuk makan dan minum, bukan berarti mereka makan sebanyak-banyaknya sebagai persiapan puasa sehari penuh. Makanan sahur hendaknya mengandung banyak protein yang bisa ditemukan dalam telur, keju, yoghurt, kacang-kacangan. Selain itu juga harus mengandung serat yang bisa  didapat dalam buah, sayuran, biji-bijian dan sebagainya. Makanan yang terlalu manis atau tinggi karbohidat harus dikurangi.

Hindari makan berlebihan saat buka puasa

Pada saat berbuka, orang cenderung akan balas dendam. Sebaiknya sebelum menyantap makanan tinggi kalori, buka puasa didahului dengan makanan ringan seperti sup atau salad. Juga, saat buka puasa hindari makanan cepat saji atau junk food. Usahakan antara waktu buka dan sahur mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Sangat penting juga mengonsumsi protein dan susu

Hindari kue atau camilan berkalori tinggi

Bulan Ramadan merupakan waktu terbanyak tersedianya kue dan camilan sebagai makanan buka atau sahur. Namun sebenarnya jenis makanan seperti itu memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, terutama kegemukan. Sebaiknya orang buka puasa ngemil beberapa kurma atau almond, bukan kue atau camilan yang tidak sehat bagi tubuh.

Jaga suhu tubuh dan tetap terhidrasi

Hindari tempat-tempat terbuka yang panas dan terik. Makan buah waktu sahur sangat dianjurkan karena air yang terkandung di dalamnya bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun jangan minum banyak air sekaligus. Ikuti pola dua gelas waktu sahur, dua gelas waktu buka dan empat gelas di malam hari dengan rentang tiap 1 jam. Hindari minum kopi dan teh karena menyebabkan haus berlebihan dan dehidrasi waktu siang. Untuk menambah energi, dianjurkan minum smoothies atau jus buah.

Puasa sesuai  kemampuan fisik

Sebelum menjalankan ibadah puasa, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter. Ini terutama bagi orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan yang diperkirakan akan mengganggu ibadah puasanya, juga disarankan bagi ibu-ibu yang tengan hamil.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 28.675
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.078.901