PERTEMUAN EVALUASI & KOORDINASI STP BERBASIS PUSKESMAS & KLB

Berdasarkan Kepmenkes No. 1479/Menkes/SK/X/2003 Surveilans Terpadu Penyakit (STP) adalah pelaksanaan surveilans epidemiologi penyakit menular dan surveilans epidemiologi penyakit tidak menular dengan metode pelaksanaan surveilans epidemiologi rutin terpadu beberapa penyakit yang bersumber data Puskesmas, Rumah Sakit, Laboratorium dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

STP berbasis Puskesmas ini datanya berasal dari kunjungan pasien yang berobat ke Puskesmas & Pustu dengan kasus yang baru, sehingga diharapkan data ini bisa menggambarkan kondisi kesehatan pada wilayah tersebut. Sedangkan STP berbasis Kejadian Luar Biasa datanya berasal dari wilayah kabupaten kota yang berada di setiap desa yang terjadi kasus Kejadian Luar Biasa dan Keracunan Makanan.

Pada pertemuan ini diharapkan data data STP yang sudah dikumpulkan dan diolah oleh petugas Surveilans Puskesmas dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh kepala Puskesmas sebagai bahan pengambil keputusan dan kebijakan, serta perencanaan program kesehatan. Pertemuan ini dihadiri oleh pengelola STP Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Kota, Dinas Kesehatan DIY dan Subdit Surveilans Kementrian Kesehatan RI. Data KLB yang terbanyak di DIY adalah data Keracunan Makanan, serta Leptospirosis. Data penyakit tidak menular masuk dalam 10 besar penyakit di Puskesmas seperti Hipertensi & Diabetes tren kasusnya sudah mulai meningkat  sehingga perlu adanya kewaspadaan dini terhadap penyakit tidak menular ini. 


Bagikan