Waspadalah..!! Waspadalah..!! Serangan Jantung

Awas Serangan Jantung…!!!

Dunia hiburan tanah air saat ini kehilangan seorang penyanyi berbakat yang memiliki suara khas nan halus merdu. Penyanyi bertubuh gempal, juara salah satu ajang pencarian bakat, dan pernah menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang bakat menyanyi se-Asia. Ya, Michael Prabawa Mohede, atau yang lebih familiar dengan nama Mike Mohede, pada hari Minggu, 31 Juli 2016, meninggal dunia pada usia 32 tahun. Hasil pemeriksaan tim medis Rumah Sakit Premier Bintaro memperkirakan bahwa sang penyanyi meninggal karena serangan jantung, walaupun kepastiannya, hanya Yang Maha Kuasa yang mengetahuinya. Banyak rekan-rekan, dan mungkin juga masyarakat yang kaget dengan kabar duka ini, karena terkesan mendadak, dan terjadi pada seseorang yang masih berusia terbilang masih muda.

Terlepas dari penyebab meninggalnya Mike karena serangan jantung atau bukan, namun pada realitanya, penyakit jantung memang merupakan salah satu penyakit mematikan yang datang secara tiba-tiba. Bisa dianalogikan seperti peluru yang dengan cepat mecabut nyawa, serangan jantung memang sangat amat perlu diwaspadai. Bayangkan saja, ketika jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh dan menyediakan oksigen darah, fungsinya rusak dan berhenti mendadak, apa yang akan terjadi dengan organ-organ lain?

Untuk mewaspadai, berarti harus mengetahui gejala-gejala dari penyakit jantung itu sendiri. Lalu apa saja gejalanya itu? Berikut sedikit infonya.

1.      Sakit Pada Bagian Kepala, Sakit pada bagian kepala jika terkena sinar matahari juga bisa saja merupakan ciri seseorang bermasalah dengan jantungnya. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita juga harus waspada jika mengalamai sakit migrain karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of eurology sakit kepala pada penderita penyakit jantung bisa saja akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.

2.      Nyeri Dada, ciri awal orang terkena penyait jantung bisa saja dari gejala nyeri pada bagian dada, namun nyeri dada tidak hanya merupakan gejala awal penyakit jantung, bisa saja karena penyakit lainnya. Namun untuk memastikan hal tersebut maka kita harus berhati-hati dan segera memeriksakan diri pada dokter ahlinya. Nyeri dada pada seseorang yang terkena serangan jantung karena penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir menuju seluruh tubuh.

3.      Sakit Pada Bagian Tubuh, karena arteri tersumbat menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu seperti jika pada wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanannya sedangkan pada laki-laki pada bagian kirinya, selain pada bagian tangan, bagian tubuh yang sering terasa sakit adalah bahu, punggung siku dan juga leher yang sewaktu-waktu datang dan juga pergi.

4.      Merasa Mudah Lelah, seperti pada gejala penyakit anemia, ciri penyakit jantung salahsatunya juga adalah merasa lelah padahal seseorang tersebut baru saja bangun tidur dan tidak melakukan aktivitas berat apapun. Jika hal ini terjadi tentu saja harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan keadaaan tubuh.

5.      Sesak Napas, jika seseorang mengalami sesak napas bisa saja karena diakibatkan oleh pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang didistribusikan keseluruh tubuh yang dapat menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung, penebalan pada otot jantung dan juga katup jantung yang mengalami kelainan.

6.      Merasa Mual, Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan meraskan mual sehingga menurunkan nafsu makan, pada awalnya bagian perut yang membengkak saja namun perut bagian dalam juga merasakan mual juga

7.      Rasa Cemas, Biasanya orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga menimbukan rasa tegang, ketakutan dan juga kecemasan, rasa cemas ini tentu saja harus dihindari karena merupakan pemicu munculnya kembai serangan jantung. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap tenang dan sebisa mungkin untuk menghilangkan cemas.

8.      Pembengkakan, ciri lain dari seorang yang menderita penyakit jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian perut atau pada bagian pergelangan kaki, ini terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh.

9.      Keluar Keringat, masalah pada jantung lainnya adalah seseorang harus waspada jika tubuh mengeluarkan keringat sedangkan tubuh tidak melakukan olahraga atau aktivitas apa-apa

 

http://hariansehat.com/gejala-awal-penyakit-jantung/

https://id.wikipedia.org/wiki/Mike_Mohede

 

Bagikan

Kirim Komentar