Kordinasi Penyusunan Renja 2019 telah dilaksanakan


Perencanaan kesehatan adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang didahului dengan penetapan tujuan, mengenali masalah kesehatan melalui analisis situasi masalah masyarakat, menentukan dan memilih sumber daya yang dibutuhkan, menyusun kegiatan yang akan dilakukan, menetapkan besarnya biaya, menentukan waktu pelaksanaan, menentukan tempat kegiatan, menentukan sasaran, menetapkan target yang akan dicapai, dan menyusun indikator pencapaian serta bentuk evaluasi yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah-masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat.

Rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja SKPD) Dinas kesehatan DIY merupakan dokumen perencanaan tahunan Dinas Kesehatan DIY yang disusun sebagai deriviasi rencana strategis dan memuat rencana kegiatan pembangunan tahunan yang dilengkapi dengan formulir kerangka anggaran dan kerangka regulasi serta indikasi pendanaan beberapa tahun ke depan. Renja dibuat n-1 dari tahun pelaksanaan.

Subbag program pada tanggal 13 Februari 2018, mengadakan Rapat Kordinasi Penyususnan Renja 2019, di Aula Balai Labkes Daerah Istimewa Yogyakarta. Rapat bertujuan untuk menyediakan dokumen perencanaan tahunan Dinas Kesehatan Provinsi DIY.

Pada rapat tersebut, dilakukan pemahaman mengenai Arah Kebijakan Pembangunan Kesehatan Tahun 2019, pemaparan masalah utama tiap bidang di Dinas Kesehatan Provinsi DIY P2MK terdiri atas Penyakit menular, penyakit tidak menular, HIV, Pneumonia, TB, Kesmas terdiri atas kematian ibu, kematian bayi, gizi kurang, gizi lebih, stanting, wasting, Yankes  terdiri atas PIS PK dan SPM, Ketersediaan dan pemerataan fasyankes, Kendali mutu dan biaya, pengendalian penyakit dan pelayanan tradisional,pembiayaan kesehatan, indikator mutu FKTP, FKTL dan fasyankes lain, SDK terdiri atas belum semua PBI terjamin JKN, Pembayaran BPJS sering telat, masalah terkait ketersediaan obat dll. Dan diskusi mengenai masalah tersebut dan penyelesaianya.

Pertemuan ini diharapkan mengahasilkan draf Renja Dinkes DIY 2019.

 

 

Bagikan

Kirim Komentar