Pokemon Go..Go Health

Akhir-akhir ini, jagat hiburan dunia maya di tanah air sedang dihebohkan dengan suatu permainan yang mengadopsi film kartun asal jepang yang berjudul pokemon. Yaa, game bernama Pokemon Go, yang merupakan game yang dikembangkan oleh perusahaan Niantic, dan diluncurkan pada Smartphone ini menjadi top download game karena telah jutaan kali didownload di usianya yang baru beberapa minggu pasca di launching awal Juli 2016. Game ini memiliki aturan main, dimana pemainnya diharuskan berjalan-jalan di lingkungan sekitar agar karakter di dalam permainan bergerak, serta untuk menangkap pokemon.

 

Terjadi kontroversi di Indonesia mengenai maraknya penggunaan game ini. Hal ini tak lepas dari terjadinya beberapa kasus kecelakaan yang terjadi, dimana penyebabnya adalah memainkan game Pokemon Go di tengah lalu lintas atau saat sedang berkendara. Ada juga isu bahwa pokemon ini sebagai perangkat mata-mata pihak asing untuk memantau keadaan negeri ini.

Terlepas dari hal-hal negatif tersebut di atas, dan mungkin terjadi pada anda, namun ketika dipahami lagi hal positifnya, ada satu hal bermanfaat yang dapat kita ambil dari game ini, khususnya manfaat bagi kesehatan. Apa itu? Salah satunya adalah gerak tubuh. Ada juga manfaat lain bagi kesehatan. Berikut keterangan lebih lengkapnya.


1. Meningkatkan aktivitas fisik

Permainan Pokemon Go mengharuskan pemainnya untuk mencari dan menangkap Pokemon di lokasi sekitar pemain. Hal tersebut dapat menstimulasi seseorang untuk bergerak menemukan Pokemon. Bila selama ini Anda malas untuk beraktivitas fisik, Pokemon Go bisa menjadi motivasi yang baik. Aktivitas fisik yang cukup akan membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar.


2. Menghilangkan stres

Dengan pergi ke luar rumah untuk menangkap Pokemon, maka Anda akan berjalan-jalan keluar, melihat pemandangan di sekitar rumah. Ke luar rumah telah terbukti dapat menghilangkan stres. Bukan hanya dapat melihat-lihat, dengan pergi ke luar rumah, Anda juga bisa berinteraksi dengan orang yang Anda temui. Bisa jadi Anda akan bertemu dengan sesama pemain Pokemon dan menjalin pertemanan baru.


3. Melatih kemampuan berpikir

Saat bermain Pokemon Go, Anda 'dipaksa' untuk memikirkan strategi bagaimana cara mendapatkan Pokemon dan berhasil memenangkan pertarungan di arena. Dengan begitu, kemampuan berpikir Anda akan terus meningkat. Hal ini juga dapat meningkatkan konsentrasi.

Itulah tiga manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan saat bermain Pokemon Go. Namun Anda juga sebaiknya memainkan Pokemon Go dalam waktu yang terbatas. Menggunakan gawai secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan Anda, mulai dari sulit tidur, hingga membahayakan kesehatan mata.



Bagikan

Kirim Komentar