Expose Hasil Monitoring Pelaksanaa Program Pembangunan Kesehatan 2018

Pembangunan Kesehatan di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah bagian dari pembangunan daerah yang sudah direncanakan dalam kurun waktu 5 tahunan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dalam sekala SKPD, pembangunan kesehatan tertuah dalam rencana strategis Dinas Kesehatan DIY. Mengingat renstra merupakan dokumen perencanaan yang sangat penting maka dalam perjalanan tehunan harus dilakukan monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi tersebut tidak hanya pada anggaran maupun fisik kegiatan, tetapi juga meliputi kinerja program dan kegiatan.

Monitoring adalah aktifitas yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang sebab dan akibat dari suatu kebijakan yang sedang dilaksanakan. Monitoring diperlukan agar kesalahan awal dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan perbaikan, sehingga mengurangi risiko yang lebih besar. Evaluasi adalah kegiatan untuk menilai tingkat kinerja suatu kebijakan. Tujuan evaluasi Menentukan tingkat kinerja suatu kebijakan melalui evaluasi maka dapat diketahui derajat pencapaian tujuan dan sasaran kebijakan.

 Subbag Program Dinas Kesehatan DIY, pada hari Senin, tanggal 19 Februari tahun 2018, mengadakan rapat Expose Hasil Monitoring Pelaksanaa Program Pembangunan Kesehatan 2018, di Aula C Dinas Kesehatan DIY. Rapat bertujuan untuk mengetahui gambaran capaian Pembangunan Kesehatan di DIY tahun 2017, permasalahan dan rekomendasi tingkat lanjut.

Pada sesi pertama, dilakukan pembahasan mengenai Potret kinerja pembangunan kesehatan priode 2012-2017 sebagai pembelajaran 2018-2022 oleh Pak Wisnu Hermawan dari  BAPPEDA dilanjutkan diskusi, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai capaian indikator tujuan Dinas Kesehatan DIY dilanjutkan diskusi.Pada sesi ke dua dilakukan pembahasan mengenai Kajian indikator SPM dan PIS-PK 2017 oleh BMPK Yogyakarta serta dikkusi, pada sesi terahir dilakuskan perumusan RTL.

Bagikan

Kirim Komentar