KUNJUNGAN MENKES KE KOTA JOGJA MENINJAU CALL CENTRE 119

Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek meninjau kesiapan Call Centre 119 di Balaikota Yogyakarta, Timoho, Rabu (22/6/2016). Pada kesempatan ini , Menkes menyampaikan bahwa Call Centre 119 merupakan program yang diharapkan mampu mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan dan bencana. Termasuk pada lebaran yang diperkirakan padat pemudik tahun ini.

Call Centre 119 yang dioperasikan dikantor Balaikota Yogyakarta di  Timoho ini dilengkapi dengan mobil ambulan dan petugas kesehatan yang disiapkan 24 jam. Warga yang membutuhkan bantuan tinggal memberikan

Menkes menyampaikan operasional call center ini diharapkan bisa dimanfaatkan pada saat puncak arus mudik-balik. Bila ada kejadian kecelakaan bisa segera tertangani, dimana tim medis bisa menuju lokasi secepat mungkin.

Call Centre ini adalah bagian dari Public Safety Centre (PSC) yang merupakan kegiatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). SPGDT dilatarbelakangi karena adanya kebutuhan masyarakat akan suatu sistem penanganan kegawatdaruratan yang standar dan terpadu di Indonesia, dari awal tempat kejadian, selama perjalanan menuju fasilitas pelayanan kesehatan, selama menerima bantuan di fasilitas pelayanan kesehatan sampai paska penanganan. SPGDT akan melibatkan berbagai unsur seperti tenaga kesehatan, pelayanan ambulans, sistem komunikasi dan masyarakat umum. Untuk mewujudkan SPGDT perlu dibentuk suatu sistem yang terintegrasi, mulai dari pra-Fasilitas Pelayanan Kesehatan, intra Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Turut menyambut kunjungan Menkes kali ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Drs. Sulistiyo, SH,CN, MSi pada acara tersebut. 

Bagikan