Bersatu membangun kesehatan Jogja Istimewa

Suatu semboyan persatuan yang sangat terkenal adalah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”, merupakan sebuah semboyan yang sangat relevan untuk diaplikasikan di mana saja. Semakin kuat persatuan kita, semakin besar anggota yang bersatu, maka semakin kuat suatu organisasi untuk menyelesaikan permasalahan dan mencapai tujuan. Pun begitu dengan koordinasi, semakin baik koordinasi organisasi tersebut, semakin besar juga kemungkinan untuk sukses.

Dalam hal pembangunan kesehatan, peran persatuan juga sangat dibutuhkan untuk mendukung suksesnya program-program pembangunan kesehatan. Koordinasi lintas sektor dan lintas program dalam payung persatuan untuk pembangunan kesehatan adalah hal yang sangat diperlukan. Hal ini wajar, karena tak mungkin permasalahan kesehatan yang harus diselesaikan sangatlah banyak dan rumit, dapat diselesaikan satu pihak saja tanpa dukungan bagian lain. Sebut saja contohnya, permasalah penggunaan air bersih di masyarakat, tidak akan pernah baik jika tidak ada sarana penyediaan air bersih yang baik. Tak akan berjalan juga bila industry yang limbahnya bias mencemari air bersih dibiarkan beroperasi tanpa pengawasan.

Di dalam sector pembangunan kesehatan di wilayah DIY, Dinas Kesehatan DIY adalah tokoh sentral yang bertugas untuk melaksanakan. Namun peran Dinas Kesehatan sendiri tak akan berarti jika tanpa sokongan dari instansi pendukung lainnya, seperti Dinas PU-ESDM, Dinas Sosial, BKKBN, Badan Perencanaan Pembangunan Kesehatan, dan lainnya. Dengan masing-masing ketugasan mereka, berdampak serta berperan juga terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Semisal BKKBN dengan perannya mengkampanyekan 2 anak, dapat menopang terhadap kesehatan ibu dan anak serta meminimalisir angka kematian ibu, yang merupakan salah satu ketugasan Dinas Kesehatan DIY.

Mengingat pentingnya koordinasi lintas sector dan lintas program dalam upaya pembangunan seperti contoh di atas, maka Subbag Program Dinas Kesehatan DIY mengadakan Kegiatan Koordinasi Pembangunan Kesehatan Lintas Program Lintas Sektor DIY tahun 2016 yang terpayungi dalam konteks Rapat Kerja Kesehatan Daerah. Kegiatan diadakan di Inna Garuda Hotel Yogyakarta, pada tanggal 6-7 Desember 2016. Rapat kerja ini melibatkan SKPD, dan sector-sektor terkait kesehatan, baik pemerintah maupun swasta. Bahkan organisasi profesi pun dilibatkan dalam repat kerja ini.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pemantapan peran dari masing-masing lintas sector dan lintas program dalam melaksanakan upaya pembangungan kesehatan secara bersama-sama dan terkoordinasi. Lebih lanjut diharapkan dengan terkoordinasinya pembangunan ini, didapatkan keberhasilan pembangunan kesehatan yang lebih baik.

Bagikan

Kirim Komentar