Verifikasi Lapangan Kab/Kota Sehat Tingkat Pusat Tahun 2017

Berdasarkan  surat dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 440/3821/SJ tanggal 24 Agustus 2017 tentang Kunjungan Lapangan Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tingkat Pusat  Tahun 2017 disebutkan bahwa 5 kab/kota yang di DIY yang mengajukan dokumen Kabupaten/Kota Sehat hanya 3 kabupaten/kota yang   dilakukan verifikasi lapangan untuk mendapatkan penghargaan kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017 yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kota Yogyakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut maka verifikasi lapangan akan dilaksanakan sesuai surat dari Kementrian Kesehatan Nomor: KL.01.01.05/BIII.3/1832/2017 tentang Jadwal Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017, bahwa Kunjungan lapangan TIM Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat Tahun 2017 di DIY akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 September 2017.                       

Didalam rapat koordinasi antara Tim Pembina KKS DIY dengan Tim Pembina KKS dan Forum KKS Kab/kota disepakati urutan jadwal kunjungan lapangan sebagai berikut.

1.      Tanggal 18 September 2017 di Kabupaten Bantul.

2.      Tanggal 19 September 2017 di Kabupaten Gunungkidul

3.      Tanggal 20 September 2017 di Kota Yogyakarta

Tim Verifikasi Lapangan KKS Pusat menugaskan 3 orang personel untuk melakukan Verifikasi Lapangan di DIY yang diketuai oleh Ely Setyowati, SKM, MKM.

Pada dasarnya verifikasi lapangan ini merupakan upaya untuk melihat langsung kesesuaian   dokumen KKS  yang telah diusulkan oleh  TP KKS Kab/Kota ke Sekretariat Tim Pembina KKS Pusat melalui TP KKS DIY.  Sesuai dengan arahan dari pusat bahwa verifikasi lapangan akan fokus terhadap dokumen KKS dan kondisi lapangan yang ada sehingga kab/kota diharapkan tidak mengadakan seremonial penyambutan yang berlebihan karena akan mengurangi esensi dari verifikasi lapangan.

Verifikasi lapangan sudah berjalan sesuai rundown yang telah disepakati bersama antara TP KKS DIY dan TP KKS Kab/kota. Di dalam verifikasi lapangan tersebut TP KKS DIY juga ikut melakukan pendampingan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Partisipasi dari Kab/kota dalam verifikasi lapangan ini cukup tinggi hal tersebut dapat dilihat Bupati/Walikota dan pejabat-pejabat lainnya ikut menyambut pelaksanaan verifikasi lapangan KKS ini patut diapresiasi. Semua berharap bahwa pada Verifikasi Lapangan oleh TP KKS Pusat Tahun ini mampu membawa hasil terbaik sehinggan Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kota Yogyakarta mampu mempertahankan predikat Swastisaba Wistara yang pernah  diraih pada tahun 2015.

Bagikan