KKS DIY “On The Way” Verifikasi Nasional 2019

Tahukah  anda  istilah Kab/Kota Sehat ? Kegiatan kabupaten/kota sehat pada dasarnya sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota dan dibina oleh Tim Pembina Provinsi untuk menuju Kabupaten/Kota Sehat. Kabupaten/Kota Sehat merupakan suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintregasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Saat ini gaung kabupaten/kota sehat diseluruh kabupaten kota di Indonesia semakin nyata, di DIY sendiri penyelenggaraan kab/kota sehat sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 dengan ditetapkannya Tim Pembina KKS DIY melalui SK Gubernur Nomor : 34/TIM/2009 tentang Pembentukan Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat DIY.

Keberhasilan DIY dalam upaya penyelenggaran Kabupaten/Kota Sehat cukup membanggakan, hal tersebut terbukti dengan telah dicapainya 4 Kab/Kota di DIY yang sudah mendapat penghargaan Sawastisaba Wistara secara berturut-berturut.  Sedangkan satu kabupaten masih dalam rangka proses untuk menuju Swastisaba Wiwerda yaitu kabupaten Kulonprogo. Selain hal tersebut, pada penilaian Tim Pembina KKS Provinsi pada tahun 2017 oleh Tim Verifikasi Lapangan KKS Pusat bahwa Tim Pembina KKS DIY mendapatkan penghargaan sebagai TP KKS Provinsi terbaik.

Komitmen pemerintah DIY dalam rangka upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan status Kab/Kota Sehat melakukan upaya-upaya pembinaan baik ditingkat DIY, Kabupaten, Forum  dan   Pokja  Kab/kota sehat. Pada awal tahun 2018 ini TimPembina KKS Pusat telah melakukan  pembinaan kepada Tim Pembina KKS DIY dengan narasumber Bapak Eko Budi Yuni Hasto, SKM, Mkes selaku anggota TP Pusat  dari Subdit PPUTK Dit Kesling Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan kapasitas TIM Pembina KKS DIY dan evaluasi penyelenggaraan kab/kota sehat sebagai tahap awal untuk mengikuti verifikasi nasional yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2019. Selanjutnya hasil kegiatan tersebut sebagai bahan masukan bagi DIY  untuk melakukan verifikasi tingkat propinsi tahun 2018, baik verifikasi dokumen maupun verifikasi lapangan. Diharapkan kabupaten/Kota yang lolos verifikasi propinsi tahun 2018, dapat maju verifikasi nasional tahun 2019 dengan dokumen yang lebih baik sesuai outline penyusunan dokumen  dan kondisi lapangan yang lebih siap untuk dapat menggambarkan implementasi KKS di DIY. Dalam pertemuan tersebut disepakati hal-hal sebagai berikut:

1.        Perlunya peningkatan kapasitas bagi Tim Pembina KKS DIY tentang pemahaman KKS dan proes verifikasi dokumen dan lapangan.

2.        Program KKS dilakukan secara efektif dengan strategi keterpaduan program dan kegiatan antar OPD, dengan tujuan tidak sekedar mendapatkan penghargaan namun outcome harus bisa dirasakan masyarakat DIY

Kegiatan KKS jika memungkinkan dibuat laporan refleksi penyelenggaraan KKS sebagai bahan rapot  Gubernur.

Bagikan