Jogja Punya Warna "Run and Change Your Color", Mendukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Fakta menunjukkan jumlah perokok semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dan yang lebih memprihatinkan adalah 13 juta anak usia 13 - 15 tahun telah aktif merokok. Untuk itu, perlu adanya suatu gerakan masif dalam menanggulangi masalah tersebut. Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang diperingati setiap tanggal 31 Mei adalah bentuk gerakan dunia dalam menanggulangi ancaman rokok terutama bagi kesehatan. Tahun 2016 ini,tema HTTS yang diusung secara global adalah "Siapkan Kemasan Polos", sedangkan tema nasionalnya adalah " Tolak Jadi Target, Suarakan Kebenaran". 

Sabtu 4 Juni 2016, Dinas Kesehatan D.I Yogyakarta menggelar kegiatan bertajuk Jogja Punya Warna, Run and Change Your Color sebagai peringatan  HTTS. Ratusan peserta memadati Alun-alun Utara Yogyakarta, yang menjadi lokasi kegiatan tersebut. Fokus sasaran dari kegiatan ini adalah anak muda dimana mereka dalah sasaran utama dari industri rokok. Generasi muda diharapkan memiliki mau dan berani untuk menolak perbuatan-perbuatan negatif seperti merokok, miras, narkoba maupun seks bebas. Selain menyasar pemuda yang berasal dari komunitas mahasiswa, sekolah maupun perguruan tinggi, kegiatan ini juga mengundang LSM dan SKPD yang ada di DIY. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menyebarkan informasi mengenai bahaya merokok kepada masyarakat luas.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari pukul 06.00 - 11.15 WIB dikemas menjadi kegiatan yang asik dan menyenangkan bagi para pemuda. Diawali dengan DJ performance kemudian dilanjutkan dengan healthy run yang dilepas oleh Asisten Administrasi Umum Sekda DIY, Dra. Kristina Swasti, M.Si. Kemudian dilanjutkan senam sehat, flash mob, lomba selfie, orasi "Hidup Sehat Tanpa Asap Rokok" dari Dinas Kesehatan yang diwakili oleh drg. Inni Hikmatin, M.Kes, QTI, dan perwakilan mahasiswa, dilanjutkan konferensi pers serta pembagian doorprize.

Bagikan

Kirim Komentar