MENKES MINTA MASYARAKAT BIASAKAN HIDUP SEHAT PADA ACARA LAUNCHING "GERMAS" DI BANTUL

 Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F.Moeloek menghadiri acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta, Selasa (15/11/2016). Menkes berharap dengan acara tersebut masyarakat Indonesia dapat membiasakan dirinya untuk hidup sehat.  Acara ini sedianya akan dihadiri Preiden RI Joko Widodo, namun karena sesuatu hal Presiden Jokowi batal hadir pada acara tersebut.

"Kita harus mulai biasakan diri kita untuk hidup sehat. Pemerintah mencanangkan Germas dengan harapan masyarakat sehat jasmani dan rohani," sambut Menkes Nila dalam peluncuran Germas di lapangan Tamanan Banguntapan DIY.

"Germas dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama lakukan aktivitas fisik selama 30 menit perharinya. Kedua makan buah dan sayur secara rutin dan terakhir periksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali." 

Di sisilain Menkes Nila F Moeloek  menegaskan Germas dapat membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. 

"Kita harus tanggung jawab bahwa sehat itu ada diri kita sendiri untuk itu dukungan penting dapat melalui keluarga dan masyarakat," pungkasnya.

Germas sebagai rangkaian puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 pada 12 November 2016 lalu. Germas dilaksanakan di sembilan kota besar di Indonesia yakni di Bogor, Banten, Batam, Jambi, Madiun, Surabaya, Padang Pariaman, Pare-Pare dan Purbalingga. 

Dalam acara ini selain kegiatan senam bersama juga akan ada kerja bakti dan mengunjungi sekolah sekolah dasar untuk mengajarkan hidup sehat. Selain itu di berbagai acara juga dilaksanakan donor darah dan pemeriksaan kanker secara dini yang dilakukan dengan gratis.

 

Bagikan