Gendola Penurun Panas

Gendola Penurun Panas

Tanaman merambat yang  berkhasiat bagi kesehatan cukup beragam jenisnya. Satu di antaranya gendola yang mempunyai nama ilmiah Basella rubra Linn. Nama lain di sejumlah daerah, misalnya kandula (Madura) gandola (Sunda), lembayung (Minangkabau) dan pailo (Gorontalo).

Batang bagian tanaman ini warnanya kemerahan Efek farmakologisnya  antara lain bersifat anti toxin, antipiretik (penurun panas dalam) dan mengeluarkan organisme penyebab sakit dari darah. Perbanyakan tanaman biasa menggunakan biji maupun setek batang.

Hampir seluruh bagian tanaman gendola dapat digunakan sebagai bahan obat tradisional. Untuk meredam keluhan radang usus buntu, seluruh tanaman gendola (60-70 gram) dicuci menggunakan air secukupnya sampai bahan teredam seluruhnya. Jika, air rebusan tinggal separohnya segera diangkat dan didinginkan lalu diminum. Lain lagi untuk menyingkirkan berak darah, herbal gendola (25 gram) ditambah kapulaga (35 gram) dan 1  ayam betina tua (telah dibuang kepala, kaki dan jeroannya) dimasak dengan air secukupnya. Air rebusannya disaring dan diminum.

Selain itu bisa membantu melumpuhkan influenza. Caranya, daun segar gendola (15 gram) di cuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih. Setelah air tinggal separohnya diangkat, didinginkan dan disaring. Sebelum diminum ditambah sedikit garam. Ramuan ini rutin diminum setiap hari sampai gangguan influenza berkutik.

Bagikan