Triwulan Rencana Kerja..evaluasi

Sesuai Permendagri 54 tahun 2010, tentang tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan, salah satu evaluasi yang harus dilakukan adalah evaluasi terhadap Rencana Kerja atau Renja. Evaluasi yang diwajibkan adalah evaluasi yang dilakukan secara berkala setiap 3 bulan. Melihat durasi Renja yang usianya adalaha 1 tahun, maka untuk 1 Renja, evaluasi dilakukan sebanyak 4 kali. Untuk evaluasi Renja triwulan 4, atau bisa disebut evaluasi 1 tahun Renja, hasil evaluasi ini dijadikan bahan penyusunan kebijakan untuk penyusunan Rencana Kerja instansi untuk tahun berikutnya. Biasanya, hasil evaluasi 1 tahun Renja, disertakan pada dokumen Renja tahun berikutnya, yang dicantumkan pada bab evaluasi hasil kinerja instansi, dan biasanya materi ini berada di bab 2 dokumen Renja.

Dalam evaluasi Renja ini, dianalisa terkait progress hingga capaian kinerja, untuk kemudian dibandingkan dengan target yang sudah tertuang di Renja. Dengan kata lain, melalui evaluasi Renja ini, dapat diketahui ketercapaian indikator dan target program dan kegiatan yang telah ditetapkan di dalam Renja tahun tersebut.

Pemda DIY melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, memfasilitasi penyusunan evaluasi Renja dengan menyediakan aplikasi berbasis website, yang diintegrasikan dengan aplikasi monev APBD. Pada aplikasi ini, disediakan menu penyampaian laporan hasil evaluasi Renja dalam format waktu triwulan. Output yang dihasilkan setelah entry data evaluasi, berupa laporan yang formatnya sama dengan format yang diatur pada Permendagri 54 tahun 2010.

Penanggungjawab evaluasi Renja Dinas Kesehatan DIY dipegang oleh Subbag Program. Pada setiap akhir triwulan, diwajibkan untuk menyampaikan evaluasi dengan entry ke aplikasi di atas tadi. Alur entry yang disediakan di aplikasi diawali dengan penentuan sasaran OPD Dinas Kesehatan DIY, kemudian dibreakdown ke dalam program dan kegiatan, yang dbagi dalam triwulan. Untuk triwulan 1, hasil evaluasi Renja Dinas Kesehatan DIY 2017 menunjukkan penilaian yang baik. Artinya, target untuk triwulan 1 bisa tercapai

Bagikan

Kirim Komentar