Tahun Berakhir, Evaluasi Mulai

Masa 2017 telah berakhir, dan waktu sudah beranjak memasuki 2018, yang artinya, berakhir pula periode anggaran 2017, dan mulainya periode anggaran berikutnya. Meskipun saat ini secara waktu sudah memasuki 2018, namun, bukan berarti hal-hal yang berkaitan dengan tahun 2017 telah usai, karena di masa-masa awal tahun inilah, rangkaian evaluasi terhadap program dan kegiatan di tahun 2017 dilaksanakan. Evaluasi tahun memang dilaksanakan pada tahun N+1, dan di awal tahun, dengan asumsi, semua data tahunan terakhir adalah per 31 Desember, sehingga data diperoleh adalah data sepenuhnya 1 tahun dengan waktu evaluasi yang tidak lama berselang dengan akhir pelaksanaan program kegiatan.

Subbag Program Dinas Kesehatan DIY, pada hari Rabu, 3 Januari 2017, mengadakan kegiatan evaluasi program dan kegiatan 2017, di aula A Dinas Kesehatan DIY. Rapat bertujuan untuk mengevaluasi progress pelaksanaan program dan kegiatan hingga akhir tahun, serta persiapan evaluasi kinerja tahunan 2017 di lingkungan Dinas Kesehatan DIY. Selain itu, kegiatan rapat ini sekaligus untuk mempersiapkan proses monitoring program dan kegiatan 2018.

Pada sesi pertama, dilakukan pencocokan realisasi anggaran kegiatan dengan data di keuangan. Hasilnya, didapatkan kecocokan. Selanjutnya, dilakukan klarifikasi progress pelaksanaan kegiatan oleh subbag dan seksi. Secara umum, hamper semua kegiatan terlaksana. Beberapa kegiatan yang tidak terlaksana semuanya dipengaruhi oleh factor eksternal, seperti keadaan lapangan yang berubah dari yang pernah direncanakan, perubahan kebijakan, ataupun terkait peran pihak lain.

Pada sesi ketiga, dilakukan pembahasan terhadap data dan laporan yang dibutuhkan untuk menyusun laporan tahunan SKPD Dinas Kesehatan DIY. Disampaikan indikator-indikator kinerja, cara penghitungan, serta laporan pencapaiannya.  Data ini nantinya juga akan menjadi data pendukung untuk penyusunan LKjIP.

Sebagai sesi terakhir, dibahas mengenai persiapan prosesi monitoring dan evaluasi untuk tahun 2018. Dalam sesi ini, ditampilkan juga mengenai ROPK, yaitu mengenai pengertian, cara pengisian, dan cara penyusunan.

 

Bagikan

Kirim Komentar