14 NOVEMBER SEBAGAI HARI DIABETES SEDUNIA

Setiap tanggal 14 November  diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia, karena tanggal tersebut sebagai hari kelahiran dari Frederick Banting dimana dia bersama Charles Best menemukan  insulin sebagai pengobatan diabetes pada tahun 1922. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan global terhadap resiko penyakit diabetes. Pada peringatan ini juga mengajak seluruh masyarakat di dunia untuk meningkatkan aktifitas guna mencegah peningkatan kasus diabetes di seluruh dunia.

Sejak tahun 1991 International Diabetes Federation (IDF)dan WHO menetapkan 14 November sebagai Hari Diabetes, namun baru pada tahun 2007 ditetapkan sebagai Hari Diabetes Sedunia. Sampai dengan saat ini diperkirakan lebih dari 346 juta penderita diabetes di seluruh dunia dan diperkirakan akan terus meningkat pada tahun yang akan datang, tidak terkecuali di Indonesia.

Diabetes Mellitus didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gla dalam darah disertai dengan gangguan metabolism karbohidrat, lipid dan protein akibat insufisiensi fungsi insulin. 

Bagikan