Awas Dampak Buruk Kecanduan Gawaii..!

Setiap hari di era yang modern ini, kita sangat mudah menjumpai orang mengoprasikan gawai atau kita sering menyebutnya gadget, entah di lingkungan kerja maupun di tempat umum. Gawai memang sangat memudahkan kita dalam banyak urusan, namun diluar itu semua potensi kecanduan gawai sulit untuk dihindarkan, berikut ciri-ciri kecanduan gawai. Jika jawabannya lebih banyak “ya”, maka Anda dapat dikatakan kecanduan gawai.

  • Apakah Anda sering merasa tidak nyaman jika gawai tidak bersama Anda?
  • Apakah Anda merasa keberatan atau enggan jika tidak memegang gawai, meskipun hanya sebentar?
  • Apakah Anda sering menggunakan gawai di waktu makan?
  • Apakah Anda kadang-kadang memeriksa status gawai di tengah malam?
  • Apakah Anda lebih sering berinteraksi dengan gawai Anda daripada berinteraksi dengan orang lain?
  • Apakah Anda menghabiskan banyak waktu untuk membuat cuitan di Twitter, membalas status-status di Facebook, atau mengirim surel menggunakan gawai sebagai bentuk komunikasi kepada orang lain?
  • Apakah Anda lebih sering bermain gawai padahal Anda tahu seharusnya Anda melakukan sesuatu yang lebih produktif?
  • Apakah Anda berkencenderungan untuk menggunakan gawai, padahal di saat yang bersamaan sedang dihadapkan kepada sibuknya pekerjaan di kantor?

Anda dapat menilai sendiri sejauh mana Anda kecanduan gawai, lalu apa efeknya?

Efek Pada organ kita:

  • Mata, seperti mata lelah, kualitas penglihatan memudar, dan ketegangan pada mata. Selain itu, mata bisa terasa gatal dan panas.
  • Sakit leher karena terlalu lama menatap layar gadget.
  • Terjadi kecelakaan karena menurunnya daya konsentrasi akibat membagi perhatian dengan gadget.

Selain itu juga terdapat efek pada psikologis kita. Masalah utama dalam hal ini dikaitkan dengan menurunnya kualitas tidur. Salah satunya adalah mengalami insomnia akibat menggunakan ponsel sebelum tidur. Dampak psikologis selain itu dapat berupa:

  • Karena menunda-nunda waktu tidur akibat menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan ponsel, maka yang terjadi adalah meningkatnya gangguan tidur dan kelelahan.
  • Kualitas tidur menurun karena efek paparan cahaya terang dari ponsel.

Lalu bagaimana cara mengurangi kecanduan gawai ?

Menurut Catherine Price, seorang penulis buku How to Break Up With Your Phone: The 30-Day Plan to Take Back Your Life, ada beberapa cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk agar kita lebih bijak dalam menggunakan gawai. Hal pertama yang disarankan Price adalah menetapkan batasan dan menjadi lebih sadar seberapa sering kita menggunakan gawai. Dia juga menyarankan agar kita mengunduh aplikasi yang dapat memantau kapan dan berapa lama waktu yang kita habiskan untuk menggunakan gawai. Selain itu, ada baiknya kita juga menetapkan periode hari di mana anda bebas dari gawai anda. Anda juga bisa mematikan gawai Anda hanya dalam 30 menit, atau membiarkannya di rumah saat Anda jalan-jalan.Gawai memiliki sisi baik dan buruk, sehingga kita harus bijak dalam memanfaatkan gawai dalam kehidupan sehari-hari.

http://www.alodokter.com

Bagikan