Aplikasi Mempermudah Kerja

Perkembangan dunia IT saat ini bias dibilang sangat pesat. Rekayasa terhadap penggunaan IT sangat membantu dalam upaya kerja manusia. Tak hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi hadirnya beberapa aplikasi mampu mempermudah manusia untuk mendapatkan hasil kerja yang cepat, akurat, dan praktis. Bisa dibilang, dengan sekali sentuh, banyak data dengan variable data yang bermacam-macam dapat dihasilkan. Benar-benar kehadiran IT sangat membantu.
Untuk mempermudah proses perencanaan di lingkungan Dinas Kesehatan DIY, subbag Program berinisiatif membuat sebuah aplikasi perencanaan. Aplikasi yang direncanakan akan diberi nama E-Planning Dinkes DIY ini akan mengakomodir sistem pengelolaan data perencanaan oleh masing-masing seksi di lingkungan OPD Dinas Kesehatan DIY. Aplikasi ini diharapkan mampu mempermudah proses perencanaan dan penyediaan data perencanaan yang lebih baik. Selain sebagai aplikasi perencanaan di lingkungan Dinas Kesehatan DIY, aplikasi ini juga diharapkan bias berfungsi untuk meningkatkan koordinasi antara Dinas Kesehatan DIY dengan instansi lain untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan di  wilayah DIY.
Pada tanggal 10 Maret 2017, seluruh personnil Subbag Program mengadakan rapat bersama dengan konsultan IT untuk menyusun konsep aplikasi yang akan disusun. Dibahas dalam rapat ini adalah ketersediaan data, kinerja aplikasi, pola kerja aplikasi dan unit kerja, serta output yang dihasilkan aplikasi. Aplikasi ini direncanakan berbasis web, yang artinya bias diakses secara online di mana saja dengan perangkat komputer, dan hasilnya dapat diketahui segera oleh unit kerja lain. Kehadiran  dan berfungsinya aplikasi E-Planning Dinkes ini diharapkan sudah bias untuk merencanakan pembangunan kesehatan untuk tahun 2018.

Bagikan

Kirim Komentar