Aplikasi HP Cerdas untuk kesehatan Mata

Pernahkah anda berjalan dengan mata terpejam? Atau pernahkah anda membayangkan bila dalam hidup ini kita tidak bisa melihat? Tanpa bermaksud menyinggung teman-teman yang berkebutuhan khusus terkait mata, mungkin rasanya sangat disayangkan bila anugrah penglihatan yang kita miliki ini tidak bisa dipakai lagi karena rusak. Keindahan alam yang begitu mempesona, sangat disayangkan bila dilewatkan tanpa memandangnya. Jadi adalah penting bagi kita untuk menjaga mata kita agar tetap sehat.

Upaya menjaga kesehatan mata, selain dengan menjauhkan hal-hal yang dapat merusak mata, dan asupan gizi, khususnya vitamin yang tepat, juga perlu didukung dengan upaya pemantauan kesehatan mata. Namun rasanya, bukan hal yang mudah untuk melakukan upaya yang terakhir ini, karena sepertinya kita harus beranjak dari kesibukan harian kita untuk pergi ke pelayanan kesehatan atau dokter mata. Apalagi jika lokasi-lokasi itu berjarak cukup jauh dengan tempat kita.

Seiring perkembangan zaman, telah hadir sebuah aplikasi untuk kesehatan mata, dimana aplikasi ini dapat dijalankan dengan perangkat HP cerdas yang setiap saat kita selalu pegang. Artinya, aplikasi untuk kesehatan mata ini dapat sewaktu-waktu kita gunakan ketika kita membutuhkannya. Lalu aplikasi apa saja itu? Berikut beberapa aplikasi untuk mendukung kesehatan mata yang dapat kita sematkan ke android kita.

1.        Eye Care Plus

Eye Care Plus merupakan salah satu aplikasi yang bisa membantu untuk merawat kesehatan mata. Tidak hanya pengetahuan tentang kesehatan mata, aplikasi ini juga menyediakan kuis, tes mata, dan training untuk mata. Aplikasi ini memiliki ukuran 7.2 MB dan bisa dioperasikan pada OS Android 4.0.4 ke atas. Aplikasi yang berasal dari pengembang healthcare4mobile ini bisa diunduh dengan gratis melalui Play Store. Aplikasi ini menyediakan beberapa tes mata yang sangat bermanfaat. Beberapa tes yang disediakan di antaranya Visual Acuity Test, Dry Eye Quiz, Cataracts Quiz, Central Vision Test, Contrast Sensitivity Test, Color Arrangement Test, dan lain-lain.

Selain tes dan kuis tentang mata, terdapat juga training mata yang bisa membantu menenangkan otot-otot mata, meningkatkan sirkulasi darah pada mata, dan meningkatkan kekuatan mata. Training mata ini tersedia dalam beberapa kategori seperti Warm-up Trainings, Relaxation Trainings, Mind-Brain Trainings, dan Eye Muscles and Focus Trainings. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai nutrisi dan makanan yang baik untuk kesehatan mata.

2.        Eye Trainer – 12 Eye Exercises

Eye Trainer merupakan salah satu aplikasi untuk latihan mata. Ada 12 langkah latihan mata yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Anda hanya cukup melakukan training selama 6 sampai 7 menit saja setiap harinya. Latihan untuk kesehatan mata ini sangat bermanfaat untuk mata Anda. Aplikasi ini juga menyediakan pilihan bagi penggunanya jika ingin menghentikan sejenak latihannya atau untuk lompat pada langkah selanjutnya. Hasil latihan mata yang Anda lakukan juga bisa segera Anda share di akun facebook untuk memberitahukan pada teman-teman facebook Anda.

Aplikasi Eye Trainer ini bisa dioperasikan pada perangkat dengan OS Android 2.1 ke atas. Ukuran dari aplikasi ini juga tidak besar yaitu hanya 2.3 MB saja. Aplikasi ini gratis dan tidak membutuhkan biaya apa pun setelah aplikasinya dijalankan.

3.        Eye Test

Seperti namanya, Eye Test termasuk salah satu aplikasi yang berisi serangkain tes yang bermanfaat untuk mata. Terkadang kita lupa kapan terakhir kali kita melakukan tes mata. Saat ini, dengan perangkat yang Anda miliki, Anda bisa melakukan tes mata sendiri di rumah. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis Play Store dengan perangakat Android 4.0.3 ke atas.

Terdapat 6 tipe tes mata dalam aplikasi ini, di antaranya sebagai berikut.

1.         Tes AMD  untuk penderita AMD (Age-related Macular Degeneration)

2.         Tes buta warna Ishihara

3.         Tes 4 Amsler grid

4.         Tes ketajaman visual

5.         Survey glukoma

6.         Tes tertulis tentang pengetahuan pengguna tentang mata.

4.        Eyes Protector (Night Mode)

Berbeda dengan aplikasi untuk kesehatan mata lainnya yang memberikan latihan dan pengetahuan tentang kesehatan mata, aplikasi ini memberikan perlindungan pada mata Anda di malam hari. Bagi Andayang aktif menggunakan perangkat smartphone atau tablet pada malam hari, Eyes protector ini akan membantu Anda untuk membuat layar perangkat tidak terlalu terang di malam hari.

Fitur yang tersedia pada Eyes Protector ini adalah Night Mode dan Scheduler. Night Mode membantu Anda untuk membaca atau menggunakan perangkat tanpa membuat mata menjadi iritasi. Sedangkan Scheduler menjadi penanda waktu on/off aplikasi ini secara otomatis.

Ukuran aplikasi ini kecil, hanya 1.1 MB saja dan bisa dioperasikan pada perangkat android 2.3 ke atas. Anda bisa mengunduhnya secara gratis. Untuk full versionnya yaitu Eyes Protector (Screen Filter), Anda bisa membeli aplikasinya seharga Rp12.000,-.

5.        Eye Hand Book

Eye Hand Book memiliki ukuran 29 MB dan bisa dioperasikan pada android 2.1 ke atas. Aplikasi ini berisi berbagai informasi seputar mata dan referensi pengobatan mata. Beberapa fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi ini di antaranya atlas mata, Eye Wiki, berbagai jurnal, ICD10 coding, ICD9 coding, diagram mata, kamus, treatment reference, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa apliaksi android yang bisa membantu melatih dan menjaga kesehatan mata. Setiap aplikasi memiliki kelebihannya masing-masing, hanya tinggal memilih mana aplikasi yang dirasa paling cocok dan mudah dioperasikan. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

 

 

 

http://www.plimbi.com

https://www.androidout.co.id

 

Bagikan

Kirim Komentar