Monitoring Pelaksanaan Imunisasi MR (Measles Rubella)

            Kampanye Imunisasi MR (Measles Rubella) di DIY dilaksanakan setelah secara nasional dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 1 Agustus 2017 di MTs Negeri 10 Sleman. Pelaksanaan kampanye imunisasi MR di DIY dan seluruh provinsi di Pulau Jawa pada bulan Agustus ini dilaksanakan di sekolah-sekolah, baik negeri maupun swasta yang siswanya masuk ke dalam kriteria sasaran imunisasi MR. Dalam pelaksanaan imunisasi MR ini perlu adanya monitoring guna menilai apakah kegiatan dilaksanakan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku.

Monitoring dalam pelaksanaan program imunisasi merupakan komponen yang sangat penting, termasuk dalam kegiatan kampanye MR. Monitoring ditujukan pada pelaksanaan untuk mengetahui hasil dibandingkan dengan target atau standar yang ditetapkan. Kegiatan monitoring ini juga harus dapat mengidentifikasi pencapaian hasil kegiatan seperti cakupan, pemakaian logistik, dan masalah – masalah yang dihadapi saat pelaksanaan, termasuk identifikasi kasus KIPI ,bila terjadi KIPI serta aspek-aspek penyebabnya.

Monitoring pelaksanaan imunisasi MR pada bulan Agustus 2017 dilaksanakan oleh puskesmas, dinas kesehatan kab/kota, dinas kesehatan DIY, serta IDAI cabang DIY. Hasil monitoring hingga minggu ke-3 bulan Agustus ini, pelaksanaan imunisasi MR berjalan dengan baik. Sarana prasarana seperti vaksin dan petugas (vaksinator) sudah mencukupi

Bagikan

Kirim Komentar