SOSIALISASI PERATURAN GUBERNUR NOMOR 54 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM RUJUKAN PELAYANAN KESEHATAN DI D

No Images

Pada bulan Oktober Tahun 2012 telah disyahkan peratiran gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi payung hukum untuk pelaksanaan sistem rujukan di pelayanan kesehatan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nomor 54 tahun 2012. Pedoman sistem rujukan ini diharapkan dapat mengatur mekanisme rujukan di setiap unit pelayanan kesehatan dan digunakan sebagai payung hukum yang akan mengatur segala implementasi penunjang sistem rujukan, termasuk mengatur pencatatan pelaporannya. Penyusunan pergub tersebut dilai sejak awal tahun 2012 oleh tim penyusun yang terdiri atas berbagai ahli dan pengelola rumah sakit serta para praktisi sesuai bidang tugasnya. Penyusunan dilaksanakan secara maraton dengan diskusi rutin setiap minggu dengan pencermatan yang intensif.

Setelah tersusun pergub tentunya perlu disosialisaikan kepada para pelaku yaitu institusi pelayanan kesehatan, masyarakat dan dinas kesehatan sebagai regulator. Sosialisasi dimaksudkan untuk memperkenalkan mekanisme rujukan berikut pendukungnya yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan penyusunan berbagi juknis yang akan diimplementasikan.

Sosialisasi dilaksanakan secara maraton sejak tanggal 19 sd 29 November 2012 di berbagai tempat dengan peserta dari unsur pelaku pelayanan kesehatan baik dasar maupun rujukan, masyarakat, lembaga sosial masyarakat dan lintas sektor. Narasumber sosialisasi dari tim penyusun sesuai dengan keahlian dan bidang masing2.

Berita Lainya