PENDAFTARAN ASURANSI JAMKESTA MANDIRI BAPEL JAMKESOS DIBUKA MARET 2012

    Pendaftaran Asuransi Kesehatan Mandiri yang diselenggarakan oleh Pemprov.DIY melalui Bapel Jamkesos dibuka mulai  Maret 2012. Layanan ini diperuntukan bagi warga DIY yang belum memiliki jaminan kesehatan. Namun layanan ini hanya diperuntukan bagi mereka yang sehat.
   
Kepala Bapel jamkesos mengatakan bahwa masyarakat yang mendaftar dikenai biaya Rp.10.000,- untuk tes kesehatan. Calon peserta akan diperiksa kesehatannya oleh dokter. Selain itu harus ada surat pernyataan tidak pernah sakit sekian hari bahkan dua tahun terakhir (misalnya memiliki penyakit berat seperti Ginjal dan Jantung). Pendaftaran Asuransi mandiri dilayani di Kantor Bapel Jamkesos Propinsi DIY, Jl.Prof.Dr.Sardjito No.5  Yogyakarta.

    Peserta Askes Mandiri diharapkan berkelompok Yakni untuk keluarga maksimal 4, bila kelompok berbasis komunitas misalnya pedagang kaki lima, tukang becak, Kelompok angkringan maksimal 25 orang dan untuk lembaga maksimal 100 orang.  Usia tidak dibatasi selama yang bersangkutan dinyatakan sehat oleh dokter yang ditunjuk.

    Pada prinsipnya dalam askes mandiri ini warga yang sehat membantu warga yang sakit. Dalam satu kelompok belum tentu sakit semua. Berdasarkan perhitungan biaya pengobatan satu peserta yang sakit ditopang sekitar 150 orang. Tahun pertama pelaksanaan peserta askes mandiri ditargetkan sebanyak 50 ribu orang.

    Klaim yang diperoleh peserta maksimal 15 juta Rupiah selama 1 tahun. Bapel jamkesos sudah bekerjasma dengan rumah sakit pemerintah dan Swasta agar peserta tidak terbentur hak dan kewajibannya.

 

informasi lebih lanjut Hubungi Bapel jamkesos di Nomor Telpon (0274) 562080 dan Download Leaflet yang tersedia pada Menu Download.

Penulis: As/Jamkesos DIY

 

Berita Lainya